Jokowi Targetkan Jalur Lingkar Samosir Rampung Akhir 2019

Presiden Jokowi di kawasan wisata Danau Toba
Sumber :
  • VIVA/Uga Andriansyah

VIVA – Presiden Joko Widodo menargetkan, proyek pembangunan preservasi jalan lingkar Pulau Samosir, Sumatera Utara selesai pada akhir 2019. Pembangunan yang bertujuan meningkatkan aksesibilitas jalan di Pulau Samosir itu, untuk mengembangkan Danau Toba sebagai destinasi wisata super prioritas Indonesia. 

Moeldoko: Otonomi Daerah Harus Lanjutkan Pembangunan Visi Jokowi

Saat ini, pemerintah telah merampungkan pelebaran serta perbaikan ruas jalan 124,9 kilometer dari panjang jalan lingkar Samosir, yakni 145,9 kilometer. Tersisa 21 kilometer jalan yang belum dilakukan preservasi. Jalan tersebut menghubungkan Pangururan menuju Nainggolan. 

Preservasi dilakukan untuk melebarkan ruas jalan yang semula memiliki lebar 4,5 meter menjadi 7 meter, sesuai dengan standar jalan nasional. 

Bakal Hijrah ke IKN, Presiden Prabowo dan Wapres Gibran Pakai Mobil Dinas Listrik?

"Saya juga jalan keliling di pulau Samosir sudah selesai, tinggal 21 kilometer, tahun ini rampung," kata Jokowi di Pangururan, Samosir, Rabu, 31 Juli 2019. 

Menurut Jokowi, hampir semua daerah di Danau Toba telah dikelilingi dalam kunjungannya kali ini. Hal itu dilakukan untuk melihat langsung proyek lanjutan pembangunan wisata Danau Toba menuju destinasi berkelas dunia. 

Jokowi Bakal Siapkan Program Unggulan Prabowo-Gibran Masuk dalam RAPBN 2025

"Tiga hari ini kunjungi hampir semua titik di kawasan Danau Toba, baik dari Tapanuli Utara, Humbahas, Simalungun, Toba Samosir, dan Samosir," ujar Jokowi. [mus]


 

Politikus senior Partai Golkar Jusuf Kalla.

JK Sebut Golkar Partai Terbuka, Tak Masalah Jika Jokowi-Gibran Gabung

JK sudah mulai melunak bicaranya terkait isu Jokowi dan Gibran gabung dengan Partai Golkar.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024