Logo timesindonesia

JK Dipastikan akan Resmikan Masjid Agung Sultan Mahmud di Batam

Wali kota Batam, HM Rudi bersama rombongan saat meninjau progres pembangunan Masjid Agung Sultan Mahmud Riayat Syah, Tanjunguncang, Kota Batam belum lama ini. (Foto: Dokumen/TIMES Indonesia)
Wali kota Batam, HM Rudi bersama rombongan saat meninjau progres pembangunan Masjid Agung Sultan Mahmud Riayat Syah, Tanjunguncang, Kota Batam belum lama ini. (Foto: Dokumen/TIMES Indonesia)
Sumber :
  • timesindonesia

Wakil Presiden RI, HM Yusuf Kalla dipastikan meresmi Masjid Agung Sultan Mahmud Riayat Syahnanti, Tanjunguncang, Batuaji, Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri) pada pada Jumat, 20 September 2019.

“Kapasitas beliau di sini sebagai Ketua Dewan Masjid Indonesia,” terang Wali Kota Batam, Muhammad Rudi di lokasi pembangunan masjid di Tanjunguncang beberapa waktu lalu.

Selain RI 2, Pemko Batam juga mengundang kepala daerah yang ada di wilayah Sumatra. Karena masjid ini digadang-gadang menjadi masjid terbesar yang ada di wilayah berjuluk Suwarnadwipa (pulau emas) ini.

Beberapa nama menteri juga masuk daftar undangan peresmian masjid yang memiliki luas 58.114 meter persegi itu. Di antaranya Menteri Agama, Menteri Pariwisata, serta Menteri Agraria dan Tata Ruang RI. “Acara kita mulai pagi hari. Dan insyaAllah akan dilaksanakan salat Jumat perdana pada saat peresmian nanti,” ujarnya.

Peresmian masjid yang memadukan nuansa Melayu, Turki, dan Arab ini akan dihadiri tiga ulama besar. Tak hanya dalam negeri tapi juga dari negara tetangga.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdako Batam, Yusfa Hendri mengatakan tiga ulama yang dijadwalkan mengisi acara adalah Ustaz Abdul Somad dan Habib Syech Abdul Qadir Assegaf dari Indonesia, serta Datuk Kazim Elias dari Malaysia.

“Rencananya juga akan diluncurkan buku tentang Masjid Agung Sultan Mahmud Riayat Syah, yang berisi profil singkat masjid baik dari teknis hingga sisi budaya,” tutur mantan Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batam ini.