Pohon Sengon Jadi 'Tersangka' Listrik Padam Massal

Plt Direktur Utama PLN, Sripeni Inten Cahyani, saat berada di kompleks DPR.
Sumber :
  • Fikri Halim

VIVA – Pohon sengon belakangan ini ramai menjadi perbincangan publik lantaran menjadi 'tertuduh' sebagai penyebab padamnya listrik di sebagian wilayah Pulau Jawa. Lantas, apakah benar pohon tersebut menjadi penyebab padamnya listrik?

6 Orang Terjebak di Lift Hotel Graha Kutilang, Penyebabnya Listrik Mati

Plt Direktur Utama PLN, Sripeni Inten Cahyani, mengaku belum bisa menyimpulkan kalau pohon tersebut merupakan penyebab utama dari padamnya listrik di DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat. Menurutnya, sistem pengaturan listik di Pulau Jawa memang sangat kompleks.

"Kompleks (penyebabnya), sistem Jawa itu kompleks, ada 250 pembangkit kemudian 500 gardu induk dan 5.000 kms (kilo meter sirkit) transmisi 500 kv (kilo volt) dan 7.000 kms transmisi 150 kv," kata Inten kepada awak media usai rapat di Komisi VII DPR RI, Jakarta, Selasa, 6 Agustus 2019.

Gegara Listrik Padam, 3 Pegawai Pemkab Brebes Panik Terjebak Dalam Lift 45 Menit 

Hingga saat ini, Inten mengatakan pihaknya masih butuh waktu untuk melakukan investigasi terkait kejadian tersebut. Dia menegaskan pohon sengon bukan penyebab tunggal dari padamnya listrik di DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat.

"Jadi kalau persoalan pemadaman kemarin yang meliputi tiga daerah, itu (pohon sengon) bukan penyebab tunggal," katanya.

Debat Cawapres, Cak Imin Sebut Balikpapan Kurang Listrik, Warga Bilang Salah Alamat

Karena itu, dia meminta agar diberikan waktu melakukan investigasi dan assessment secara menyeluruh. Namun, dia belum bisa memastikan kapan hasil investigasi akan bisa diperoleh.

"Kalau namanya investigasi itu mau cepat, tergantung, hasilnya dapat sedikit. Mohon waktu karena kompleksitas, kami sangat ingin komprehensif memastikan penyebabnya dan langkah ke depan," katanya.

Dia menambahkan, dalam proses investigasi pihaknya akan melibatkan pakar yang ahli dalam sistem ketenagalistrikan. "Karena tidak berhenti sampai penyebab saja, tapi bagaimana improvement ini sistem kelistrikan Jawa Bali ini bagaimana," ujarnya. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya