Surutnya Air Waduk Jabar Dinilai Jadi Bagian Penyebab Gangguan Listrik

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil
Sumber :
  • VIVA/Adi Suparman

VIVA – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan, kekeringan di Jawa Barat hingga menyebabkan volume air di waduk menurun menjadi salah satu penyebab matinya aliran listrik. Waduk Jatiluhur Purwakarta diketahui menjadi penggerak turbin di Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).

Selandia Baru Umumkan Keadaan Darurat Nasional, Setelah Diterpa Badai Tropis Mengerikan

Ridwan Kamil menilai, situasi penyusutan itu menjadi pekerjaan rumah bagi Pemprov Jawa Barat. Oleh karena itu, percepatan proyek waduk-waduk di Jawa Barat dilakukan untuk menampung air hujan lebih dini.

“(Kekeringan) Itu berdampak pada banyak hal. Ini PR kita bersama, karena masalahnya fenomena pemanasan global, penguapan lebih cepat, air biasanya tergenang sekarang keringnya juga cepat,” ujar Ridwan Kamil, Selasa 6 Agustus 2019.

Badai Salju Menerjang AS, Puluhan Juta Warga Alami Pedaman Listrik

Menurut dia, permasalahan kekeringan yang berdampak ke seluruh sektor inti menjadi pembelajaran bagi masyarakat untuk mengutamakan kebiasaan hemat. “Imbauan saya, di masa depan kalau bumi ini ingin selamat, marilah berhemat, berhemat dalam urusan mengonsumsi air, dalam urusan listrik sehingga tidak terjadi pemborosan yang ujungnya menyebabkan krisis,” katanya.

Namun, Ridwan Kamil juga berharap PLN selaku pengelola untuk bersikap bijak dengan padamnya aliran listrik yang merugikan masyarakat.

Dampak Serangan Rudal Rusia di Ukraina, Listrik Padam di Sebagian Wilayah Moldova

“Akan memberikan kompensasi dengan menghitung kerugian dengan tidak menagihkan atau mendiskon atau apalah, saya kira begitu (wajib ganti rugi). Karena kalau dirupiahkan betapa luar biasanya kerugian materiil yang terjadi di masyarakat,” katanya. [mus]

EcoFlow River 2 Series.

Jangan Khawatir Jika Terjadi Pemadaman Listrik Tiba-tiba

EcoFlow River 2 Series bisa dimanfaatkan sebagai sumber daya listrik darurat atau 'emergency power supply' (EPS) ketika terjadi pemadaman listrik tiba-tiba.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2023