Mutasi Polri, Dankor Brimob dan Kapolda Kalteng Tukar Jabatan

Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian memimpin sertijab.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Bayu Nugraha

VIVA – Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian memimpin serah terima jabatan Komandan Korps (Dankor) Brimob dan Kapolda Kalimantan Tengah. Acara dilaksanakan di Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu, 7 Agustus 2019.

Rumah di Bangkalan Hancur Usai Petasan Meledak, AKP Heru: Diduga Ada Bahan Mercon Sebanyak 1 Kg

Sertijab Dankor Brimob dan Kapolda Kalteng ini berdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor ST/2023/VIII/KEP./2019. Dankor Brimob Irjen Ilham Salahudin dan Kapolda Kalimantan Tengah Irjen Anang Revandoko saling bertukar posisi. Irjen Ilham Salahudin menjadi Kapolda Kalteng dan Irjen Anang Revandoko menjadi Dankor Brimob.

Sebelumnya, Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigadir Jenderal Polisi Dedi Prasetyo menyebutkan, rotasi jabatan adalah bentuk tour of duty dan penyegaran di tubuh Polri. 

Ending Bentrok TNI AL dan Brimob di Sorong, Israel Rugi Rp 16,3 T Tahan Serangan Iran

Khusus untuk jabatan Dankor Brimob, Dedi menyebutkan, hal tersebut sebagai bentuk penghargaan lantaran mampu memimpin pasukan untuk pengamanan pemilu di pusat maupun daerah.

"Untuk Dankor Brimob sebagai reward atas keberhasilan beliau memimpin pasukan, dalam pengamanan pemilu di wilayah dan pengamanan pemilu di Ibu Kota," kata Dedi ketika dikonfirmasi, Jumat, 2 Agustus 2019.

Dave Laksono: Bentrok TNI AL vs Brimob Polda Papua Barat Harus Diselidiki Sampai Tuntas

Selain jabatan Dankor Brimob, Dedi menuturkan, ada beberapa jabatan dan perwira menengah dan tinggi mengalami rotasi. "Ada beberapa wakapolda, kapolres, dan lainnya," katanya.

Dalam telegram itu tertuang mutasi jabatan wakapolda DIY, Sulawesi Utara, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Lampung, dan Bangka Belitung.

Jabatan Wakapolda DIY yang saat ini diisi oleh Brigjen Bimo Anggoro Seno, diserahkan kepada Brigjen Karyoto. Jabatan Wakapolda Sulawesi Utara, yang saat ini diemban Brigjen Karyoto, akan diserahkan kepada Brigjen Alexander Marten Mandalika.

Selanjutnya, jabatan Wakapolda Jambi, yang saat ini diisi Brigjen Ahmay Haydar, akan diserahkan ke Brigjen Charles Bonardo. Jabatan Wakapolda Sumatera Selatan, yang saat ini diisi Brigjen Denni Gapril, akan diserahkan ke Brigjen Rudi Setiawan.

Kemudian, jabatan Wakapolda Lampung diserahkan dari Brigjen Rudi ke Brigjen Sudarsono. Brigjen Sri Handayani juga akan melepas jabatan Wakapolda Kalimantan Barat dan akan digantikan oleh Brigjen Imam Sugianto.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya