Saat Dubes Turki Lupa Menyalami Jokowi

Presiden Jokowi terima surat kepercayaan dari 12 duta besar luar biasa untuk RI.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Rahmat

VIVA – Presiden Joko Widodo menerima surat kepercayaan dari dua belas duta besar luar biasa dan berkuasa penuh untuk Indonesia. Prosesi acara digelar di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu 7 Agustus 2019.

Momen Jokowi-Ma'ruf Amin Salat Id di Istiqlal

Lazimnya penyerahan surat kepercayaan, setiap dubes dari negara sahabat akan dipanggil memasuki ruang Credential Istana Merdeka. Di dalam ruangan, Jokowi sudah menunggu untuk menerima surat itu.

Prosesi acara diawali dengan lagu kebangsaan masing-masing negara. Kemudian, dipanggilah para dubes itu satu persatu untuk menyerahkan surat ke Jokowi.

Kolaborasi Prabowo dan Raja Yordania, TNI Berhasil Kirim Bantuan RI ke Gaza via Udara

Dimulai Dubes Turki, Mahmut Erol Kilic. Setelah dipanggil, ia langsung menghadap Presiden Jokowi yang berdiri di tengah dan menyerahkan surat kuasa dari negaranya itu.

Namun, ada insiden yang sempat membuat ketawa. Usai menyerahkan surat itu, harusnya ia menyalami Jokowi.

Presiden Jokowi: Selamat Idul Fitri 1445 H, Semoga Kita Bisa Saling Memaafkan

Sebenarnya, Jokowi sudah mengulurkan tangannya ke depan. Namun, Mahmut justru berjalan ke samping untuk berdiri ke tempat yang disiapkan.

Beruntung, belum jauh, ia baru sadar dan kembali ke hadapan Jokowi untuk menyalami. Nampak, Jokowi hanya tersenyum, melihat aksi itu.

Usai Dubes Mahmut, menyusul sebelas dubes lainnya, yakni Duta Besar Selandia Baru, Jonathan Edward Austin; Duta Besar Kroasia, Nebojsa Koharovic; Duta Besar Malaysia, Zainal Abidin bin Bakar.

Setelah itu, dilanjutkan dengan Duta Besar Perserikatan Kerajaan Britania Raya dan Irlandia Utara, Owen John Jenkins; Duta Besar Sosialis Demokratik Srilanka, Yasoja Gunasakera; Duta Besar Republik Bulgaria, Petar Dimitrov Andonov; dan Duta Besar Kazakhstan, Daniyar Sarekenov.

Lalu, Duta Besar Republik Islam Afganistan, Faizullah Zaki; Duta Besar Republik Mozambik, Belmiro Jose Malate; Duta Besar Kerajaan Eswatini berkedudukan di Kuala Lumpur, Mondi Solomon Dlamini; dan Duta Besar Mali, berkedudukan di New Delhi Sekou Kasse. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya