BNN Bongkar 200 Kg Ganja yang Disembunyikan di Dekat SD Kramat Jati

Polisi bongkar sabu 200 kg di dekat SD Kramat Jati, Kamis, 8 Agustus 2019.
Sumber :
  • VIVA/ Foe Peace Simbolon.

VIVAnews - Badan Nakotika Nasional membongkar penyelundupan narkoba jenis ganja sebanyak 200 kg di sekitar SDN Kramat Jati 02 Pagi, Kramat Jati, Jakarta Timur, Kamis, 8 Agustus 2019.

Polisi Surabaya Bongkar Kasus Narkoba, Sita 46 Kg Sabu

Barang haram tersebut disembunyikan dalam mesin kompresor, peti besi dan sejumlah tabung karbit berukuran besar yang telah dilas agar tak terendus polisi. Pelaku menyembunyikannya di sebuah bangunan yang dibuat seolah-olah bengkel.

"Kami temukan ada banyak peralatan bengkel, namun banyak yang tidak berfungsi dengan baik," kata Deputi Pemberantasan Badan Narkotika Nasional (BNN), Irjen Pol Arman Depari, di lokasi, Kamis, 8 Agustus 2019.

Penangkapan Komika Fico Fachriza Buntut Konsumsi Tembakau Gorilla

Total ada 11 peti dan mesin kompresor berisi ratusan narkoba. Kemudian, sebanyak 4 orang kurir diamankan.

Barang haram itu diduga berasal dari Aceh menggunakan truk sayur dan disarukan dengan jengkol. Sayur-sayur diturunkan di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, kemudian dibawa truk bak pembawa barang ke arah Kalimalang dan Cililitan sampai akhirnya berhenti di halaman SDN Kramat Jati 02 Pagi, Kramat Jati, Jakarta Timur, yang tak lain adalah lokasi penggerebekan.

Istri Ardhito Pramono Datangi Polres Metro Jakarta Barat

"Kemudian mereka bergeser ke Cawang tepatnya Kalimalang. Dan bergeser ke tempat ini. Barang-barang selain sayur diturunkan di halaman SD ini. Rencananya mereka mau mindahkan ke rumah kos yang disewa tadi di dekat sini," ujarnya.

Di sana, para pelaku kembali menyarukan ganja. Di mana ganja kali ini disarukan dengan mesin beserta perkakas bengkel.

Arman menambahkan barang haram ini diduga kuat dikendalikan oleh seorang narapidana yang merupakan tahanan di Lembaga Pemasyarakatan asal Cirebon. Di mana ganja mau diedarkan di kawasan Jawa Barat.

Petugas BNN sempat mengalami kendala membongkar ganja yang disimpan dalam besi-besi tersebut karena tak punya alat. Alhasil, petugas Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur membantu.

Kepala Seksi Operasional Sudin Gulkarmat Jaktim, Gatot Sulaiman, menambahkan pihaknya menurunkan beberapa personel ke lokasi. Dia menyebut proses pemotongan besi sudah rampung.

"Ya, harus dipotong tadi. Sudah rampung," kata Gatot menambahkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya