Masjid Istiqlal Siapkan Penerjemah Bahasa Isyarat Saat Salat Idul Adha

Masjid Istiqlal di kawasan Jakarta Pusat.
Sumber :
  • Rifki Arsilan

VIVA – Pengelola Masjid Istiqlal akan menyelenggarakan salat Idul Adha 1440 Hijriah pada Minggu, 11 Agustus 2019. Untuk kali pertama, Masjid Istiqlal menyediakan saf khusus dan penerjemah bahasa isyarat untuk jemaah disabilitas. 

Terpopuler: Kisah Pilu Kakak Adik Korban Tol Cikampek, Pria Terobos Istana

“Kali ini kami menyediakan penerjemah dalam bahasa isyarat. Mereka yang difabel harus pake kode ya, makanya butuh saf khusus biar tidak mengganggu jemaah yang lain," kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Masjid Istiqlal, Abu Hurairah Abdul Salam, Sabtu, 10 Agustus 2019.

Masjid Istiqlal mengundang 300-500 penyandang disabilitas untuk bisa salat Idul Adha di sana. Abu menyebut pengelola masjid sudah menyiapkan fasilitas mulai dari tempat wudu, tangga khusus, hingga saf khusus penyandang disabilitas.

Menteri Bahlil: Politik Sudah Selesai, Harus Saling Memaafkan

Abu berharap masjid lain di Indonesia bisa menerapkan hal yang sama untuk memberikan kesamaan pelayanan dalam hal keagamaan.

"Karena kan kawan difabel itu sebenarnya normal kayak kita. Cuma mereka juga tidak mendengar, ya, alangkah naifnya selama ini pesan-pesan agama itu tidak pernah tersampaikan kepada mereka karena tidak ada penerjemahnya," katanya.

Cerita Warga Hadiri Open House Jokowi: Motoran ke Istana dari Jam 1 Pagi, dan Boyong Sekeluarga

Idul Adha di Masjid Agung Al Azhar

Sementara itu, Ketua Umum Muhammadiyah Haedar Nashir akan menjadi khatib dan Achmad Khatib sebagai imam dalam salat Idul Adha di Masjid Agung Al Azhar.

Menurut Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Masjid Agung Al Azhar, Nizar Adnan, salat Idul Adha dimulai pukul 06.30 WIB. Kemungkinan ada 5.000 hingga 10.000 jemaah yang akan mengikuti salat Id di Masjid Agung Al Azhar.

Ia pun memprediksi jemaah akan membeludak lantaran khatib Haedar Nasir. Tema khotbahnya ialah mengaktualisasikan takwa dan kebersamaan.

Untuk mengantisipasi membeludaknya parkir jemaah, pengelola Masjid Al Azhar menyediakan lahan parkir di Jalan Raden Patah dan Jalan Sisingamangaraja.

Nizar mengimbau jemaah yang akan melaksanakan ibadah salat Id dan membawa koran agar mengumpulkan koran usai salat. Jemaah juga diimbau untuk wudu dari rumah untuk mengantisiapsi antrean dan ketersediaan air.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya