Masjid Direnovasi, Imam Besar: Tahun Depan Istiqlal Kinclong

Imam Besar Istiqlal Nasruddin Umar (kanan)
Sumber :
  • VIVAnews/Syaefullah

VIVA – Masjid Istiqlal Jakarta saat ini sedang dilakukan renovasi besar secara besar-besaran. Proyek renovasi ini dikerjakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. 

Jadi Contoh Toleransi, Terowongan Penghubung Istiqlal dan Katedral Jadi Sorotan Dunia

Ditargetkan, renovasi masjid terbesar di Asia Tenggara ini selesai pada tahun depan, sehingga pada pelaksanaan ibadah salat Idul Fitri dan salat Idul Adha tahun depan dengan wajah baru. 

"Ini pertama direnovasi paling besar sepanjang sejarah Istiqlal. Dan tahun depan Insya Allah kita akan lihat wajah Istiqlal yang kinclong, seperti masjid besar internasional yang lain Insya Allah," kata Imam Besar Istiqlal Nasruddin Umar di Masjid Istiqlal Jakarta Pusat, Minggu, 11 Agustus 2019. 

Imam Besar Istiqlal Ucapkan Selamat kepada Prabowo jadi Presiden Terpilih

Dengan adanya renovasi ini, sedang dibangun pula tempat parkir kendaraan bawah tanah dua lantai. Diharapkan nanti parkir di Istiqlal akan bisa mengurangi kemacetan di jalanan sekitar Istiqlal. Diketahui sebelum dibangun di sekitar area itu kerap terjadi macet total karena masyarakat semakin banyak yang membawa kendaraan.

"Nah sekarang kita bikin basement dua lantai yang bisa kurangi kepadatan lalin. Lebih dari seribu untuk motor," tuturnya. 

6 Masjid Terbesar di Dunia, Salah Satunya Kebanggaan Indonesia

Selain itu, ia menambahkan, bahwa saat ini Masjid Istiqlal memberikan tempat yang paling depan untuk para disabilitas pada pelaksana Idul Adha ini. 

"Kawan kawan disabilitas kita berikan tempat yang di depan, itu satu bukti pemerintah berikan perhatian kepada masyarakat penyandang disabilitas," katanya. 
 

Suasana di Masjid Istiqlal saat menjelang salat ied Idul Fitri (ilustrasi).

Polisi Imbau Warga Datang Lebih Awal Jika Hendak Salat Id di Masjid Istiqlal

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Purnomo Condro mengimbau masyarakat untuk berangkat lebih awal jika hendak melakukan Salat Id di Masjid Istiqlal, Jakarta.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024