Pesan Idul Adha Jokowi: Dorongan Melakukan Kesalehan Sosial

Presiden Jokowi pesan Idul Adha 2019
Sumber :
  • VIVAnews/Adinda Purnama Rachmani

VIVA – Presiden Joko Widodo bersama ibu negara Iriana Joko Widodo melaksanakan salat Idul Adha 1440 Hijriah di Lapangan Kebun Raya, Bogor, Jawa Barat.

Gus Miftah Curiga Jokowi Pilih Bahlil Lahadalia Jadi Menteri Karena Lucu, Bukan Prestasi

Jokowi menyampaikan pesan Idul Adha kepada masyarakat Indonesia yang merayakan Lebaran. Jokowi mengatakan bahwa masyarakat harus menjaga ketakwaan kepada Allah SWT.

"Ya ini kan tadi seperti disampaikan oleh kaotib bahwa ikatan ketakwaan kita pada Allah SWT wajib, juga ikatan hubungan antar manusia wajib kita lakukan," ucap Jokowi di Bogor pada Minggu, 11 Agustus 2019. 

Jokowi Tegaskan Freeport Bukan Milik Amerika Lagi, tapi Indonesia

Selain itu, Jokowi juga mengatakan pentingnya memberikan kurban untuk masyarakat yang kurang mampu. Ia pun mengimbau kepada masyarakat untuk terus meningkatkan kesalehan umat agar lebih baik.

"Dan paling penting di hari raya Idul Adha ini adalah dari sisi kurban. Pengurbanan itu adalah dorongan kita untuk melakukan kesalehan sosial yang saya kira di negara kita masih terus harus kita dorong agar seluruh umat melakukan itu dengan baik. Baik dengan teman, tetangga, saudara, dan rekan sekampung. Saya kira yang berkaitan dengan kesalehan sosial harus kita dorong," ucapnya.

Risma dan Menteri PKB Tak Ikut Buka Puasa Bersama Jokowi, Budi Arie: Jangan Didramatisir

Diketahui, Jokowi sudah tiga tahun berturut-turut melakukan salat Idul Adha di Jawa Barat. Pada 2017 Jokowi melaksanakan salat ied di Sukabumi dan Pada 2018 Jokowi melakukan salat ied di Cibinong, Kabupaten Bogor lalu di 2019 Jokowi melakukan salat ied di Kebun Raya Bogor.

Jokowi mengaku memilih salat ied di beberapa daerah di Jawa Barat karena dirinya beserta keluarga tinggal di Bogor dan dekat dari kediamannya di Istana Bogor.

"Ya kan, memangnya tinggal di Jawa Barat, cari yang dekat, biar enggak jauh," ucap Jokowi.

Jokowi melaksanakan salat ied didampingi oleh Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto, Menteri Seketaris Negara Pratikno. Sayangnya tidak terlihat ketiga anak-anaknya beserta menantu dan cucunya mendampingi Jokowi salat Ied di Kebun Raya Bogor.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya