Logo timesindonesia

1656 Ekor, Ponpes Al Islah Sembelih Hewan Kurban Terbanyak di Jatim

Proses pengulitan hewan kurban di Pondok Pesantren Al-Islah Bondowoso pada Idul Adha 1440 H (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Proses pengulitan hewan kurban di Pondok Pesantren Al-Islah Bondowoso pada Idul Adha 1440 H (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Sumber :
  • timesindonesia

Pondok Pesantren Al-Islah Bondowoso melaksanakan penyembelihan hewan kurban terbanyak di Jawa Timur yaitu sebanyak 1656 ekor pada peringatan Idul Adha 1440 H.

Adapun rinciannya yaitu 1550 ekor kambing atau domba dan 106 ekor sapi. Jumlah ribuan ini harus melibatkan 700 panitia kurban mulai penyembelihan, pencacahan hingga pembagian udhhiyah (daging kurban).

drh Cendy Herdiawan, Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas Pertanian kabupaten Bondowoso khusus di Al-Islah pihaknya menerjunkan sekitar 17 dokter hewan termasuk paramedis.

“Yang lainnya tersebar di seluruh titik. Masing-masing kecamatan. Sesuai informasi masyarakat di titik mana saja dilakukan pemotongan, petugas datang di sana,” katanya Minggu (11/8/2019).

Menurut drh Cendy, khusus penyembelihan sudah melibatkan 15 juru sembelih halal (Juleha) yang sudah bersertifikat internasional

“Karena di Al-Islah ini kita sudah kerja sama, jadi kita latih untuk Juleha. Kurang lebih 2 tahun lalu kemudian kita fasilitasi untuk Al-Islah mengadakan pelatihan Juleha, dengan narasumber dari luar,” katanya.

Sementara itu, MD Suhimy bin Wagiman, mudahhy (orang yang berkurban) sekaligus panitia asal Singapura mengaku sudah 21 tahun sejumlah warga di negerinya mempercayakan kurbanya di Ponpes Al Islah. Ini dilakukan karena standar pemotongannya nomor satu.