DPR Sebut Sulteng Lokasi Strategis Bangun Pusat Mobil Listrik

Ilustrasi mobil listrik.
Sumber :
  • autoevolution

VIVA – Ketua Fraksi NasDem Ahmad Ali meminta agar Sulawesi Tengah tidak sekadar menjadi pabrik baterai melainkan sekaligus pusat perakitan mobil listrik. Hal itu karena Sulteng sebagai pemasok bahan baku baterai jenis lithium yang nota bene adalah komponen utama mobil listrik.

"Morowali, Sulawesi Tengah merupakan pemasok utama bahan baku Lithium. Harapan kita bukan hanya pabrik baterai yang dibangun tetapi juga perakitan mobil listrik juga," ujar Ahmad Ali, Senin 12 Agustus 2019.

Dikatakan Ali, Sulawesi Tengah memiliki posisi yang strategis, karena Sulteng sudah punya dua lokasi Kawasan strategis yakni Kawasan Ekonomi Khusus Palu dan IMIP Morowali. 

"Kita punya keunggulan dari segi komparatif, dan lebih unggul dari sisi penyediaan tenaga kerja," ujarnya. 

Ia lebih jauh menggambarkan bahwa migrasi pencari kerja ke Sulteng dalam satu dekade terakhir meningkat tajam karena dipicu oleh Kawasan Industri Morowali, KEK Palu, dan Kawasan Industri Gas Alam Cair di Kabupaten Banggai. 

"Sulteng merupakan tujuan utama pencari kerja. Sulteng  memiliki letak kondusif untuk pasar kerja. Ini keunggulan yang baik bagi masa depan industri," kata dia.

Selain kata Ali, bila industri mobil listrik dipusatkan di Sulteng maka akan sinergis dengan rencana pemindahan ibu kota sebagai pasar masa depan kendaraan ramah lingkungan tersebut. 

"Jika Industri mobil listrik dibangun di Sulteng, maka posisinya akan lebih mudah menjangkau ibu kota masa depan, dan kawasan timur Indonesia, dan naik ke atas langsung ke arah Utara Philipina," ujarnya. (ren)

Penggunaan SPKLU di Jakarta Naik Tiga Kali Lipat Selama Periode Lebaran
Mobil listrik Honda Ye Series  di China

Honda Kenalkan 3 Mobil Listrik Terbarunya Ye Series, Siap Jegal BYD

Honda baru saja memperkenalkan lini model mobil terbarunya yang dinamakan Ye Series untuk pasar China, ada 3 model yang dikenalkan dan siap menjegal BYD di pasar China.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024