Kivlan Zen Gugat Wiranto Soal Pam Swakarsa

Kivlan Zen (tengah).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

VIVA – Mantan Kepala Staf Kostrad Mayjen TNI Purnawirawan Kivlan Zen menguggat Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Wiranto, ke Pengadilan Negeri Jakarta Timur. 

Momen Wiranto dan AHY Ikut Bermalam di IKN Nusantara Bareng Jokowi

Kuasa hukum Kivlan, Tonin Tachta, mengungkapkan gugatan tersebut terkait pembentukan Pasukan Pengamanan Masyarakat Swakarsa (Pam Swakarsa) tahun 1998 saat Wiranto menjabat Panglima ABRI.

“Adanya perbuatan melawan hukum terhadap Pak Kivlan,” kata Tonin saat dihubungi, Senin 12 Agustus 2019.

Wiranto Sebut Hadi Tjahjanto Sosok Tepat Jadi Menko Polhukam, Paham Anatomi Ancaman

Tonin mengungkapkan, saat itu pembentukan Pam Swakarsa membutuhkan biaya sekitar Rp8 miliar. Namun yang diterima Kivlan sebagai pelaksana hanya mendapatkan anggaran Rp400 juta.

“Pasukan kan perlu dikasih makan, dikasih rokok, dikasih transportasi. Waktu itu hampir Rp8 miliar, Rp400 juta yang dikasih. Jadi komandannya yang tanggung jawab yaitu Pak Kivlan,” ujarnya.

Wiranto: Saya Sebagai Pembina TKN, Bersaksi Tak Ada Agenda Apalagi Rencanakan Kecurangan

Untuk menutupi kekurangan, Kivlan harus merogoh kantong pribadi. Bahkan harus menjual rumah pribadi dan terpaksa untuk berutang kepada pihak lain untuk menutup kekurangan biaya.

“Sampe jual rumah, jual mobil utang sana sini dan enggak dibayar. Nah itu yang ditagih terus sama beliau dari tahun 1999 sampai April 2019 kemarin,” ujarnya.

Sidang perdana gugatan Kivlan Zein terhadap mantan mantan atasannya Wiranto itu akan mulai digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Kamis 15 Agustus 2019 mendatang. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya