BNPB: Kebakaran Hutan di Gunung Batukaru Bali Capai 300 Meter Persegi

Ilustrasi pemadaman kebakaran hutan
Sumber :
  • VIVAnews/Syarifuddin Nasution

VIVA – Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terjadi di sekitar puncak gunung Batukaru, Tabanan, Bali, Senin, 12 Agustus. Api membakar kawasan seluas 300 m2.

Bali Dibuka bagi Turis Asing Tanpa Karantina Disambut Antusiasme

Berdasarkan laporan Pusdalops BNPB hari ini, Selasa 13 Agustus 2019 pukul 06.00 WIB bahwa api telah berhasil dipadamkan oleh personel gabungan. Namun demikian, personel di lapangan masih melihat ada bara api di bekas kawasan terbakar. Hasil pantauan dari tim gabungan hingga Senin malam, ditemukan dua titik api yang berada di dua lokasi yang berbeda di sekitar puncak gunung. 

"Kronologi terjadinya kebakaran tersebut masih dalam penyelidikan. Sejauh ini tidak ada laporan mengenai korban jiwa. Kerugian yang disebabkan oleh peristiwa itu masih dalam proses pendataan," kata Plt Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Agus Wibowo dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 13 Agustus 2019.

Mulai 7 Maret, PPLN yang Mau ke Bali Bebas Karantina

Agus menuturkan, tim gabungan berjumlah 99 personel dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tabanan, TNI, Polri, SAR dan Orari sedang berupaya menuju titik lokasi dengan berjalan kaki dalam estimasi waktu sekitar enam jam.

Sementara itu, tim juga menyiagakan satu mobil pemadam kebakaran di kaki Gunung Batukaru sebagai bagian dari upaya pemadaman. 

115 Penerbangan Rute Bali Dihentikan Sementara Saat Hari Raya Nyepi

Gunung Batukaru dengan tinggi 2.276 mdpl ini merupakan gunung tertinggi kedua setelah Gunung Agung di Bali. Terkait dengan jalur pendakian yang ada di kawasan ini, tiga jalur menuju puncak gunung dapat melalui Desa Jatiluwih, Kecamatan Penebel (840 mdpl), Desa Wongaya Gede, Kecamatan Penebel (835 mdpl) dan  Desa Pujuangan, Kecamatan Pupuan (1.090 mdpl). (ren)

Pantai Kuta (foto: dok. pribadi)

KTT G20 Sukses: Indonesia di Puncak Dunia?

Indonesia merupakan satu-satunya negara di ASEAN yang menjadi anggota G20.

img_title
VIVA.co.id
21 November 2022