BMKG Sebut Sembilan Daerah Bakal Diguyur Hujan Lebat

Ilustrasi hujan lebat.
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengidentifikasi adanya potensi hujan lebat dalam tiga hari kedepan (13–15 Agustus 2019) di beberapa wilayah Indonesia.

BNPB Turun Langsung Tangani 9 Wilayah di Jateng Berstatus Tanggap Darurat Bencana

Kasubag Hubungan Pers dan Media, Dwi Rini Endra Sari mengatakan, bahwa potensi hujan lebat terjadi menyusul adanya massa udara basah lapisan rendah yang terkonsentrasi di beberapa wilayah seperti Aceh, Sumatera Utara, Riau, Sumatera Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Papua Barat, dan Papua. 

Sementara daerah yang memiliki potensi konvektif dari faktor lokal dengan nilai indeks labilitas atmosfer sedang, kuat terdapat di wilayah Sumatera Utara, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, dan Papua. 

Mengenal Badai Siklon Tropis, Penyebab Cuaca Ekstrem di Indonesia

"Low Level Jet dengan kecepatan angin terpantau >25kt terdapat di wilayah Laut Andaman, Laut Arafuru, Laut Cina Selatan, Australia bagian utara hingga Laut Arafura bagian barat," kata Rini di Jakarta, Rabu, 14 Agustus 2019. 

Kemudian, belokan angin terdapat di Sumatera bagian Utara, Sumatera Tengah dan Kalimantan bagian Barat.

Pagi Hari Langit Jakarta Mendung, Hujan Ringan Bakal Mengguyur

Menurut dia, kondisi tersebut menyebabkan beberapa daerah seperti Aceh, Sulawesi Tengah, dan Papua berpotensi hujan lebat pada 13 Agustus 2019. Sementara, wilayah yang berpeluang hujan lebat adalah Sumatera Barat, dan Papua pada 14-15 Agustus 2019. 

Untuk itu, BMKG mengimbau  kepada masyarakat yang berdomisili atau sedang berada di beberapa wilayah yang berpotensi hujan lebat tersebut untuk selalu berhati-hati ketika sedang beraktivitas di luar ruang, serta persiapkan diri dengan peralatan antisipasi hujan.

Ilustrasi badai.

Tropical Cyclone: Knowing Cause of Indonesian Extreme Weather

The Meteorology, Climatology, and Geophysics Agency (BMKG) has detected the emergence of three tropical cyclone seeds in the Indonesian region.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024