Logo timesindonesia

Kuliah di Malang, Mahasiswa Papua Nyatakan Aman dan Nyaman

Nina Awendu mahasiswa asal Kabupaten Jayapura, Papua yang kuliah di Kota Malang. (Foto: Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)
Nina Awendu mahasiswa asal Kabupaten Jayapura, Papua yang kuliah di Kota Malang. (Foto: Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)
Sumber :
  • timesindonesia

Mahasiswa asal Papua yang kuliah di Kota Malang mengaku aman dan nyaman menempuh ilmu di kampusnya. Hal tersebut disampaikan setelah mengikuti insiden aksi mahasiswa Papua di Jalan Basuki Rachmad, Kota Malang, Kamis (15/8/2019) lalu.

Adalah Nina Awendu, mahasiswa asal Kabupaten Jayapura, Papua, yang sedang kuliah di salah satu kampus swasta di Kota Malang mengaku betah tinggal di Malang. Bahkan, untuk mengisi weekend dia kerapkali menikmati wisata yang ada di Malang.

“Saya betah belajar disini (Kota Malang). Kalau libur, biasa saya dan temen-temen pergi wisata ke Sumber Maron, Pantai Goa Cina, Paralayang, bahkan saya pernah ndaki di gunung Panderman,” katanya.

Tak hanya di Malang, mahasiswi jurusan Administrasi Publik itu pernah berkunjung ke Makam Bung Karno di Blitar. Nina merasa welcome dengan siapa saja. Dia sering berkumpul dengan mahasiswa lain yang dari luar Papua.

“Waktu kunjung ke Makam Bung Karno di Blitar, saya berangkat bareng dosen dan temen-temen. Tapi, kebanyakan waktu kumpul saya sih sama temen-temen Papua. Kita semuanya bersaudara, kok,” ujar mahasiswi semester 5 itu.

Nina mengatakan bahwa dia tidak ikut aksi menyuarakan aspirasi di Jalan Basuki Rachmad itu. Saat itu, ia berada di kamar kost dan sempat ditanyakan oleh ibu pemilik kostnya.

“Saya nggak ikut aksi kemarin. Temen-temen saya yang dari Papua juga (berada) di kamar kost,” aku dia.