Mundur dari PKB, Rusdi Kirana Punya Track Record Keren

Bos maskapai Lion Air sekaligus Dubes RI untuk Malaysia, Rusdi Kirana.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rafiuddin Abdul Rahman

VIVA – Rusdi Kirana, Duta Besar Republik Indonesia untuk Malaysia yang berkedudukan di Kuala Lumpur dikabarkan mengundurkan diri dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). 

Amanat Ketum PKB Cak Imin, Rakyat Papua Harus Punya Jalur Perjuangkan Kesejahteraan

Kiprah Rusdi Kirana sebagai politisi membawa dia bergabung dengan PKB. Tapi selain politisi, Rusdi juga sukses sebagai pengusaha. Berikut sepak terjang pria kelahiran Cirebon itu, seperti dirangkum VIVA.co.id dari berbagai sumber.

Pengusaha penerbangan

PKB Harap Duet Anies-Muhaimin Dapat yang Terbaik: Setiap Nomor Urut Punya History

Rusdi merupakan seorang pengusaha Indonesia dan juga pendiri Lion Air yang memperkenalkan penerbangan bertarif murah kepada penduduk Indonesia dengan slogannya, "Kami membuat masyarakat terbang”. 

Salah satu orang terkaya di Indonesia

Guyonan Petinggi PKB soal Duet Amin yang Juga Belum Dapat Kapten Tim Pemenangan

Pada 2018, Rusdi Kirana sempat masuk dalam jajaran orang terkaya di Indonesia. Ia berada pada posisi 33 dengan nilai kekayaan US$1,2 miliar, saat itu.

Terjun ke politik 

Pada 2014, Rusdi Kirana memulai karier politiknya dengan bergabung di Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Ia kemudian langsung didapuk sebagai Wakil Ketua Umum DPP PKB periode 2014-2019.  Namun, ia memutuskan mengundurkan diri dari jabatan tersebut. 

Baca jugaMilenial Cerdas Sherly Annavita yang Kritik Habis Jokowi di ILC

Jadi Wantimpres 

Alasan mundurnya Rusdi Kirana sebagai Waketum PKB karena dia diminta Presiden Joko Widodo untuk menjadi anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) pada Januari 2015. 

Namun pada 2017, Rusdi melepaskan jabatannya sebagai Wantimpres. 

Dubes Malaysia

Saat memutuskan mundur sebagai anggota Wantimpres, ternyata Rusdi Kirana ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo sebagai Duta Besar RI untuk Malaysia yang berkedudukan di Kuala Lumpur. 

Mundur dari parpol 

Sejak menjadi Dubes Malaysia, aktivitas Rusdi memang cukup padat. Dan, kabar terbaru, Rusdi menyatakan mundur sebagai anggota PKB. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya