Bogor Diguncang Gempa Bumi

Lokasi gempa Bogor
Sumber :
  • BMKG

VIVA – Gempabumi tektonik dengan kekuatan magnitude 4.0 mengguncang wilayah Bogor, Jawa Barat. Hal ini terungkap dari notifikasi BMKG. Gempabumi tidak berpotensi tsunami.

Gunung Kidul Yogyakarta Diguncang Gempa, Getaran Terasa hingga Pacitan

Hari Jumat, 23 Agustus 2019, pada pukul 11:10:59 WIB, Wilayah Kabupaten Bogor Jawa Barat dan sekitarnya diguncang gempabumi tektonik. Analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi berkekuatan M4.0 dengan pusat gempabumi terletak pada koordinat 6.7 LS - 106.51 BT, tepatnya berada di darat pada jarak 101 km barat daya Kabupaten Bogor dengan kedalaman 5 Kilometer.

Ditinjau dari lokasi epicenter dan kedalaman hiposenternya tampak bahwa gempa bumi yang terjadi merupakan gempa dangkal akibat aktivitas Sesar Citarik.

Gempa Susulan Masih Terus Muncul, Jumlah Pengungsi di Pulau Bawean Kian Bertambah

Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Sukabumi dengan Skala Intensitas II - III MMI, Di Ciptagelar dengan Skala Intensitas III MMI, Di Panggarangan Jatake, Cikotok dan Bogor dengan Skala Intensitas II - III MMI. Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut.

Gempa Bogor

Top Trending: Arti Gempa Bulan Ramadhan Menurut Primbon Jawa, Jayabaya Ramalkan Pulau Jawa Ini

Hingga laporan ini dibuat pukul 11:35 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). Kepada Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi dari BMKG, karena BMKG akan terus memantau perkembangan gempabumi tersebut.

Pastikan informasi resmi Gempabumi dengan Skala Magnitudo kurang dari 5 (lima) hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui website (http://balai2.bmkg.go.id/). Tangerang Selatan, 23 Agustus 2019

Catatan: Informasi dari Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah II Wilayah II Tangerang Hendro Nugroho.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya