Logo BBC

Selain Indonesia Ada Banyak Negara Pindahkan Ibu Kota, Mana Saja?

- Getty Images
- Getty Images
Sumber :
  • bbc

Presiden Joko Widodo dijadwalkan menggelar jumpa pers terkait pemindahan ibu kota di Istana Negara, Senin, 2 Agustus 2019 pada pukul 13.00 WIB. Hal ini terungkap setelah akun YouTube resmi Sekretariat Presiden mengunggah video mengenai rencana pengumuman ibu kota baru.

Presiden Joko Widodo sebelumnya telah mengutarakan rencana pemindahan ibu kota dalam sidang di parlemen pada 16 Agustus silam. Namun, lokasi pastinya belum diumumkan.

Dalam wawancara dengan T empo pada 19 Agustus 2019, dia mengatakan lokasi bakal ibu kota mengerucut di dua lokasi. "Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah."

Rencana ini dikemukakan ketika data menunjukkan Jakarta tenggelam rata-rata 1-15cm per tahun. Hampir setengah kota sekarang berada di bawah permukaan laut. Kota ini terletak di tanah berawa dan Laut Jawa terus mengikisnya, sementara 13 sungai mengalir melaluinya.

Selain itu, kemacetan Jakarta sudah sangat terkenal seantero dunia. Pada 2016, sebuah survei menunjukkan bahwa Jakarta merupakan kota dengan tingkat kemacetan terburuk di dunia.

Para pejabat pemerintah bahkan harus dikawal oleh konvoi polisi agar sampai di tempat pertemuan tepat waktu. Jakarta ditambah daerah-daerah penyangganya memiliki populasi 30 juta. Namun, hanya sekitar 2-4?ri air limbahnya yang diolah.

Pemindahan ibu kota ini diperkirakan akan menelan biaya hingga lebih dari Rp460 triliun. Ibu kota baru pun akan membutuhkan area seluas 30.000 hektare hingga 40.000 hektare untuk menampung sekitar 900.000 hingga 1,5 juta orang.

Palangkaraya di Kalimantan Tengah, digadang-gadang sebagai calon ibu kota baru. Secara geografis, kota ini berada di pusat kepulauan Indonesia dan bapak pendiri bangsa, Soekarno, juga pernah mengusulkan untuk menjadikannya ibu kota.

Namun, Indonesia bukanlah negara pertama yang mempertimbangkan memindahkan ibu kotanya. Berikut adalah beberapa contoh lainnya: