Logo timesindonesia

Caleg Terpilih DPRD Kabupaten Probolinggo Diduga Palsukan Ijazah

Sejumlah warga saat beraudiensi di kantor KPU Kabupaten Probolinggo, soal dugaan ijazah palsu. (FOTO: Dicko W/TIMES Indonesia)
Sejumlah warga saat beraudiensi di kantor KPU Kabupaten Probolinggo, soal dugaan ijazah palsu. (FOTO: Dicko W/TIMES Indonesia)
Sumber :
  • timesindonesia

Caleg terpilih DPRD Kabupaten Probolinggo tersangkut dugaan penggunaan ijazah palsu. Caleg terpilih itu disebutkan dari Partai Gerindra atas nama Abdul Kadir. Belasan warga kemudian mendatangi kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Probolinggo Senin (26/8/2019) meminta untuk tidak melantik Abdul Kadir pada pelantikan Caleg terpilih pada 30 Agustus 2019 mendatang.

Belasan warga itu melakukan audiensi bersama ketua KPU Kabupaten Probolinggo Lukman Hakim, berserta komisioner lainnya. Saudi Hasyim, koordinator audiensi mengatakan, pihaknya sengaja mendatangi kantor KPU untuk melakukan audiensi guna menindaklanjuti dan melaporkan dugaan penggunaan ijazah palsu oleh Abdul Kadir, caleg terpilih dari Dapil II Kabupaten Probolinggo itu.

“Kami juga telah melaporkan kejadian ini kepada Bawaslu Kabupaten Probolinggo dan Polres Probolinggo untuk melakukan proses terhadap pidana umum yang dilakukan oleh Abdul Kadir,” terang Saudi.

Ia mengaku baru melakukan pelaporan terkait dugaan penggunaan ijazah palsu ini kepada KPU karena baru menerima laporan dari masyarakat pada bulan Agustus 2019 ini.

“Kami sudah mengantongi bukti-bukti bahwa ijazah yang digunakan oleh Abdul Kadir itu palsu, seperti surat pernyataan dari lembaga kelompok belajar Paket C Amanah, yang sudah membuat pernyataan bahwasanya tidak pernah mengeluarkan ijazah Paket C atas nama Abdul Kadir,” ungkapnya.

“Selanjutnya Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo, juga menyatakan bahwasanya ijazah atas nama Abdul Kadir, tidak terdaftar di Dinas Pendidikan,” sambung Saudi.

Ia berharap penangguhan pelantikan terhadap Abdul Kadir, yang sudah ditetapkan oleh KPU setempat sebagai salah satu pemenang Pemilu Legislatif serentak 2019.