Logo timesindonesia

Tingkatkan Literasi, Perpustakaan Pamekasan Pinjamkan Buku ke Kafe

Salah satu pengunjung tengah khusuk membaca buku di Cafe Melati di Jalan Kamboja Pamekasan.(Foto: Akhmad Syafi"i/TIMES Indonesia)
Salah satu pengunjung tengah khusuk membaca buku di Cafe Melati di Jalan Kamboja Pamekasan.(Foto: Akhmad Syafi"i/TIMES Indonesia)
Sumber :
  • timesindonesia

 

Perpustakaan Umum Pamekasan mempunyai cara unik untuk meningkatkan budaya literasi masyarakat Pamekasan. Caranya adalah memberi pinjaman buku kepada kafe-kafe yang menjadi lokasi nongkrong anak muda.

Salah satunya kafe Melati yang beralamat di Jalan Kamboja Pamekasan menjadi salah satu kafe yang mendapat pinjaman buku. Buku bacaan ini bisa dibaca gratis para pengunjung. 

Kepala Perpustakaan umum Kabupaten Pamekasan Budi Asyari menyampaikan bahwa pinjaman buku terhadap kafe suatu upaya memberikan kesadaran akan pentingnya budaya literasi bagi masyarakat yang ada di kota berjuluk bumi gerbang salam ini.

"Sementara, buku pilihan yang di pinjamkan ini semuanya milik perpustakaan umum yang ada di Kabupaten Pamekasan," ucapnya, Kamis (29/8/2019).

Sementara macam-macam buku bacaan yang dipinjamkan diantaranya buku politik, ekonomi dan buku lainnya. Semua buku tersebut dapat dibaca dari pengunjung tanpa dipungut biaya sepeserpun.

"Ini kafe ke empat yang kami berikan pinjaman buku-buku yang nantinya setiap bulan kita ganti dengan buku-buku yang lain untuk penyegaran," ungkap Budi.