Wiranto: Ada yang Tunggangi Kerusuhan di Papua

Menkopolhukam Wiranto
Sumber :
  • VIVA/Eduward Ambarita

VIVA – Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan, Wiranto, mengklaim mengetahui pihak yang menunggangi kerusuhan di Papua.

Pengawasan Pilkada 2024 di Kabupaten Puncak Papua Terancam Tak Maksimal

Pernyataan dikemukakan berdasarkan laporan dari Kepala Polri Jenderal Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Kepala Badan Intelijen Negara Budi Gunawan.

"Pada saat terima laporan dari kapolri, panglima (TNI) dan kepala BIN, memang kerusuhan ini ada yang menunggangi, ada yang ngomporin, ada yang provokasi, ada yang sengaja mendorong agar terjadi kekacauan," kata Wiranto dalam konferensi pers di Kantor Presiden didampingi panglima TNI dan kapolri usai rapat terbatas yang digelar Presiden Joko Widodo, Jumat malam. 

Amnesty International Sebut Pelanggaran HAM di RI Semakin Buruk, Aparat Paling Banyak Terlibat

Bahkan, Wiranto mengklaim sudah tahu siapa pihak yang mengambil keuntungan dari kerusuhan tersebut. Dia pun meminta pihak 'penunggang' untuk segera menghentikan aksinya. 

“Kita peringatkan, siapa pun dia, hentikan, karena itu hanya ingin membuat suasana instabil,” tuturnya dilansir dari VIVAnews.

Tisu Magic hingga Minyak Lintah Papua Ditemukan Saat Olah TKP Pembunuhan Wanita Open BO

Tetapi, Wiranto enggan membuka secara jelas siapa sebetulnya pihak yang menginginkan kerusuhan di Papua. Dia juga tak menjawab apa tujuan dari pihak yang dia maksud.

Di satu sisi, Wiranto mengklaim, pemerintah telah melakukan berbagai upaya agar situasi di Papua berangsur pulih. Dia telah bertemu dengan para tokoh Papua, termasuk perwakilan Papua di DPD maupun DPR.

Mereka berbicara segala hal tentang krisis di Papua, tetapi tidak untuk mencari siapa yang bersalah, melainkan meredakan ketegangan dan menghentikan kerusuhan. “Ini harus segera kita hentikan, pulihkan, masuk suasana damai, sehingga dialog bisa dilakukan," ujarnya. (ann)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya