3 Pertanyaan Sakral Ustaz Adi Hidayat Sebelum Freddy Siauw Jadi Mualaf

Freddy Siauw bersama adiknya, Ustaz Felix Siauw dan Ustaz Adi Hidayat.
Sumber :
  • instagram @adihidayatofficial

VIVA – Kakak kandung Ustaz Felix Siauw, Freddy Siauw mengikuti jejak sang Adik memeluk agama Islam. Momen sakral itu diunggah di akun youtube Shintyo Noah Rengat.

Viral Inses Adik-Kakak, Bagaimana Hukum Nikah dengan Saudara Kandung? Ini Jawaban Ustaz Adi Hidayat

Dalam video tersebut terlihat Freddy berdiri bersampingan dengan Ustaz Adi Hidayat (UAH) dan Ustaz Felix Siauw, dan disaksikan para jemaah Kajian Musawarah untuk mengucapkan dua kalimat syahadat.

Yang menarik sebelum mengucap, UAH menanyakan 3 hal penting pada Freddy. "Ada 3 kaidah dasar dalam Alquran yang wajib disampaikan kepada sanak saudara atau kenalan kita yang ingin masuk islam. Tiga hal ini disampaikan untuk menguatkan (keinginannya masuk islam). Dan dari 3 ini saya mohon izin untuk menyampaikan dulu sebelum kita mulai pembacaan 2 kalimat syahadat," ujar UAH

Kisah Mualaf Ibu dari Crazy Rich Surabaya Gegara Melihat Orang Islam Lakukan Ini

Pada poin pertama UAH mengatakan bahwa seseorang masuk islam tidak boleh dalam keadaan terpakasa.

"Kata Allah, tidak boleh memaksa siapa pun masuk islam. Tidak ada paksaan untuk memeluk Ad-Diin (islam), baik itu iming-iming, atau janji untuk menikahi, atau ancaman, itu tidak boleh," ujarnya," ujarnya.

Terpopuler: Philippe Troussier Mualaf, Timnas Portugal Keok dengan Cristiano Ronaldo

UAH kemudian bertanya apa motif Freddy masuk islam? "Saya sudah sampaikan kepada ustaz Felix saya ingin menjadi lebih baik, dan saya ingin mengubah diri saya menjadi lebih baik. InsyaAllah sudah belajar dari ustaz (Felix)," ujar Freddy.

Pertanyaan poin ke dua, UAH menanyakan soal orang tua yang berbeda keyakinan. "Kalau seorang Islam tapi mendapati orangtuanya belum muslim, ayah atau ibunya masih ada, walaupun anaknya masuk Islam karena Allah, tetap harus menjaga hubungan baik dengan kedua orang tuanya. Kalaupun dipaksa ikut dengan kepercayaan orangtuanya, ia harus menolak dengan cara yang halus. Tapi jangan putuskan hubungan keluarga selama masih hidup di dunia," ujar UAH.

Di poin ini UAH bertanya soal orang tua Freddy yang masih ada dan menganut Katolik. Pada poin ke 3 UAH bertanya lagi soal keteguhan.

"Jika seseorang telah bersahadat dan masuk Islam beriman, dia tidak boleh keluar dari Islam dan harus menjalankan tuntunan islam semampu dia dengan sempurna," ujarnya.

"Sudah belajar salat? Tahu salat 5 kali sehari dari subuh sampai isya? Yakin siap? Ada kewajiban infaq, sedekah, Anda siap?"

Meski masih terlihat canggung, namun dengan mantap, Freddy menjawab pertanyaan UAH. "Kalau belajar salat belum (menengok ke ustaz Felix), tapi saya siap."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya