Keluarga Ungkap Alasan BJ Habibie Dirawat Rumah Sakit

Jumpa pers dengan keluarga BJ Habibie
Sumber :
  • VIVA.co.id/Bimo Aria

VIVA – Keluarga dari Presiden RI ke-3, Bacharuddin Jusuf Habibie atau BJ Habibie, akhirnya buka suara mengenai kondisi terkini dari mantan Menristek itu. Thareq Kemal Habibie yang merupakan putra kedua BJ Habibie, membantah kabar yang menyebutkan bahwa ayahnya telah meninggal. 

Mantan Mendagri Syarwan Hamid Meninggal Dunia

"Memang betul, bapak hari ini tidak begitu sehat. Tapi, mohon dimengerti, beliau memang sudah agak sepuh. Beliau sudah usia 83 tahun, jalan ke 84 tahun," ujarnya saat ditemui di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Selasa 10 September 2019. 

Thareq mengungkapkan, meski usianya sudah tidak muda lagi, namun aktivitas BJ Habibie masih cukup tinggi. Habibie, lanjut Thareq, sering lupa bahwa beliau sudah berusia di atas 80 tahun. 

Tak Ingin Berhenti, Bunga Citra Lestari Lakukan Hal Ini

"Otaknya masih jalan. Tapi, sesuai dengan kondisi manusia, badan tidak akan selalu ikut. Bapak saya dari dulu, sejak muda punya masalah jantung. Otomatis, sekarang jantungnya melemah," tuturnya.

Baca juga: Keluarga Ungkap Kondisi BJ Habibie Membaik

Lapan Gunakan Sukuk untuk Pengembangan Pesawat R80 BJ Habibie

Dengan rutinitas aktivitas yang tinggi dan kurangnya istirahat, membuat badannya melemah. Ini juga pada akhirnya berpengaruh pada fungsi jantungnya. 

"Badannya memberontak, karena badan minta istirahat, jadi ada masalah dengan jantung. Beliau kami ungsikan ke rumah sakit, untuk benar-benar istirahat," ungkapnya. 

"Kalau di rumah, siapa pun akan datang menjenguk dan beraktivitas lagi, tidak ada waktu untuk istirahat. Sedangkan, beliau mohon dimengerti. Mohon doanya saja," kata dia menambahkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya