Ilham Akbar Habibie: Bapak Tiap Jumat Selalu Berdoa ke Makam Ibu

Ilham Akbar Habibie
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Prosesi pemakaman almarhum Bacharuddin Jusuf Habibie dilaksanakan pada pukul 13.45 WIB. Seusai prosesi pemakaman, putra pertama BJ Habibie, Ilham Akbar Habibie memberikan pidato.

Transisi Energi Akan Bermakna Jika Libatkan Masyarakat Sebagai Produsen

Dalam pidatonya, Ilham Akbar Habibie kembali menceritakan bagaimana sang ayah Habibie begitu mencintai sang istri, Ainun Habibie. Ilham menyebut bahwa Habibie secara rutin mengunjungi pemakaman Ainun setiap hari Jumat.

"Bayangkan bapak itu tiap hari tahlilan setiap hari Jumat ke makam untuk berdoa begitu setia bapak dengan ibu sampai sekarang pun dikuburkan di sebelahnya, Insya Allah mereka untuk selamanya bersama berdua di sisi Allah SWT di surga di akhirat di alam baka," kata Ilham di TMP Kalibata, Kamis 12 September 2019.

Prabowo: Dulu RI Diejek Tak Bisa Bikin Peniti, Sekarang Sudah Bisa Buat Pesawat

Baca Juga: Sebut Kenaikan Sebagai Penyesuaian, Dirut BPJS : Ini Kan Iuran Diskon

Dia melanjutkan meski berduka dengan kepergian Habibie, pihak keluarga bahagia sebab Habibie saat ini bisa berkumpul lagi dengan sang istri Ainun.

Transformasi Digital untuk Melahirkan 'Habibie Muda'

"Satu hal yang menenangkan duka kita mereka sekarang bisa bersatu. Bersatu dalam akhirat sesuatu hal yang didambakan bapak semenjak ibu wafat," kata Ilham.

Dia melanjutkan prosesi pemakaman Habibie hari ini pun kembali mengingatkannya dengan prosesi pemakaman Ainun 9 tahun silam.

"Saya ingat 9 tahun yang lampau di sini juga kita melihat upacara pemakaman Ainun istri bapak, mama tercinta dengan upacara serupa yang tidak kalah dari segi kekhidmatan acara kenegaraan dan ini adalah sesuatu yang kita bisa berikan bapak ibu sebaik mungkin," kata Ilham Akbar Habibie.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya