Pelukan Terakhir Xanana Gusmao untuk BJ Habibie

Xanana Gusmao mencium kening BJ Habibie.
Sumber :
  • Twitter @KatolikG

VIVA – Mantan gerilyawan dan Presiden Timor Leste, Xanana Gusmao, menjenguk Presiden Ketiga Republik Indonesia, Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie, di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, bikin haru.

Innalillahi, King Nassar Berduka Ayahanda Meninggal Dunia

Dalam sebuah video singkat di akun Twitter @KatolikG, dikutip VIVA, Kamis, 12 September 2019, terlihat adanya ikatan batin yang kuat antara kedua tokoh tersebut.

Saat dijenguk Xanana Gusmao, BJ Habibie tampak masih bisa berkomunikasi. Xanana Gusmao terlihat mencium kening BJ Habibie yang tengah berbaring lemah di tempat tidur dengan dibalut selimut putih. Mereka lalu berpelukan.

Jasad Nenek dan Cucu Korban Longsor di Bandung Barat Ditemukan Saling Berpelukan

Ketika BJ Habibie meninggal dunia pada Rabu, 11 September 2019, salah satu tokoh pendiri Timor Leste itu mengirimkan karangan bunga turut berbelasungkawa yang bertuliskan:

Keluarga Ungkap Penyebab Meninggalnya Sopyan Dado, Punya Riwayat Diabetes Hingga Sakit Jantung

PROFOUN CONDOLENCES

With Hearthfelt sympathy For The Loss of Big Brother President BJ Habibie.

Timorese People Will Remember You Forever

Rest In Peace

BJ Habibie memang punya ikatan sejarah dengan Timor Leste. Negara yang dahulu bernama Timor Timur dan provinsi ke-27 Indonesia itu diberi opsi referendum oleh profesor lulusan Jerman tersebut.

Hasil referendum rakyat Timor Leste kemudian membuat Timor Leste lepas dari Indonesia. Pria bernama lengkap Kay Rala Xanana Gusmao inipun menjabat presiden Timor Leste yang pertama, yakni periode 20 Mei 2002–20 Mei 2007.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya