Kebakaran Hutan di Gunung Merbabu Meluas ke Kabupaten Boyolali

Kebakaran hutan di Gunung Merbabu terlihat dari Selo, Boyolali
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

VIVA – Kebakaran hutan dan lahan di wilayah Gunung Merbabu, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah hingga hari ini, Sabtu pagi, 14 September 2019 belum bisa dipadamkan hingga terus meluas areanya. Bahkan, kebakaran merambat hingga ke beberapa wilayah di Kabupaten Boyolali.

Erupsi Gunung Merapi, Wilayah Boyolali Diguyur Hujan Abu

Dikutip dari VIVAnews, reporter tvOne melaporkan, kebakaran masih terjadi di sejumlah titik. Diperkirakan hingga Sabtu dini hari tadi, sebanyak 260 hektare (ha) hutan dan lahan terbakar di wilayah Gunung Merbabu. Titik api masih di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu dan belum sampai ke desa, tapi kebakaran telah merusak sejumlah saluran air warga.

Ada sekitar tiga sumber mata air atau tuk, yang pipa saluran airnya jadi korban kebakaran lahan dan hutan di wilayah tersebut. Ketiganya, yakni Tuk Teyeng di Desa Gondangsari, jalur Pakis, Magelang; Tuk Klanting di Desa Tajuk, jalur Kopeng, Kabupaten Semarang; dan Tuk Sipendok di Desa Ngagrong dan Candisari, jalur Ampel, Kabupaten Boyolali.

Danyonif 408 Temui Relawan Ganjar Korban Penganiayaan, Sepakat Berdamai-Rumah Direnov TNI

Bahkan, jalur pendakian Merbabu lewat Selo terbakar dan merambat hingga ke arah timur menuju Ampel di Dusun Ngangrong, Boyolali. Pemadaman api akibat kebakaran hutan dan lahan di Gunung Merbabu ini masih dilakukan secara manual dengan bantuan pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Boyolali.

Karena upaya dengan cara manual belum berhasil memadamkan api, maka pemerintah daerah setempat akan memadamkan api lewat udara dengan menggunakan helikopter water booming.

Megawati Ungkit Lagi Kasus TNI Aniaya Relawan Ganjar di Boyolali: Saya Ngenes

Sementara Balai Taman Nasional Gunung Merbabu telah melakukan penutupan jalur pendakian Gunung Merbabu demi keselamatan warga dan pendaki sejak Kamis, 12 September 2019 lalu. Pihaknya pun fokus melakukan upaya pemadaman dan mengantisipasi agar kebakaran tak terus melebar. Mereka telah berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait, di antaranya BPBD, TNI, polisi, pengelola basecamp pendakian, relawan dan masyarakat.   

Real Count Nasional KPU RI Pilprers 2024

Real Count KPU, Ganjar-Mahfud di Jawa Tengah Hanya Menang di Boyolali dan Wonogiri

Data perhitungan suara yang dilakukan KPU, menunjukkan pasangan capres-cawapres nomor urut 3 di Pilpres 2024, Ganjar Pranowo – Mahfud MD masih berada pada posisi terakhir

img_title
VIVA.co.id
26 Februari 2024