Lili Pintauli Siregar, Capim KPK yang Supel dan Peduli Wong Cilik

Lili Pintauli Siregar
Sumber :
  • Instagram Lili Pintauli Siregar

VIVA – Nama Lili Pintauli Siregar memancing penasaran banyak orang, terutama warganet di dunia maya. Lili terpilih menjadi pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) oleh Komisi III DPR bersama keempat kandidat lain. Buktinya, nama Lili Pintauli Siregar menjadi nama yang paling banyak dicari di Google sepanjang Jumat kemarin.

KPK Pecat 66 Pegawai yang Terlibat Pungli Rutan

Lili akan terus menjadi sorotan sebagai satu-satunya perempuan yang menjadi pimpinan KPK, apalagi ketika ia mulai bekerja setelah dilantik nanti. Namun, tak banyak yang mengetahui profilnya selain statusnya sebagai Wakil Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) periode 2013-2018.

Lili mendapat gelar sarjana dari Universitas Islam Sumatera Utara (UISU). Ia adalah mahasiswa tahun angkatan 1986. Menurut seorang mantan teman kuliahnya di Fakultas Hukum, Lili merupakan sosok perempuan yang supel dan berwawasan luas.

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron Gugat Dewas ke PTUN, Sebut Kasusnya Expired

"Kami dari Unversitas Islam Sumatera Utara, Fakultas Hukum, merasa bangga dengan Lili Pintauli Siregar menjadi komisioner KPK. Rektor sangat merespons Lili, telah terpilih jadi komisioner KPK," ujar Dekan Fakultas Hukum UISU, Dr. Marzuki SH, MH, kepada wartawan di kampusnya, Sabtu 14 September 2019, seperti dikutip dari VIVAnews.

Marzuki pun berharap dengan terpilihnya wanita kelahiran Tanjung Pandan, Bangka Belitung, 9 Februari 1966 itu bisa memberikan warna dan menambah kekuatan bagi KPK dalam memberantas dan melakukan pencegahan korupsi di Tanah Air. Ia yakin Lili profesional dalam bekerja di berbagai bidang, termasuk di KPK.

Disidang Etik Dewas KPK pada 2 Mei Terkait Mutasi Pegawai Kementan, Nurul Ghufron: Kita Hormati

"Kita juga harapkan amanah," lanjut dia.

Marzuki yang juga teman satu angkatan Lili di UISU mengungkap, Lili sudah banyak melanglang buana dalam bertugas. Setelah tamat kuliah, ia pernah menjadi pengacara di Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Medan.

"Ibu Lili banyak kecimpung dengan advokasi tentang masyarakat marginal. Juga berkecimpung di Lembaga Bantuan Hukum," ujar Marzuki.

Lili Pintauli Siregar menjadi salah satu dari empat kandidat yang dipercaya memimpin KPK melalui pemilihan di Komisi III DPR pada Jumat dini hari, 13 September 2019. Ia terpilih setelah menjalani serangkaian tes, termasuk uji kelayakan dan kepatutan. Selain Lili,  empat kandidat yang terpilih adalah Irjen Firli Bahuri, yang juga terpilih sebagai Ketua KPK, Alexander Marwata, Nurul Ghufron dan Nawawi Pomolango.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya