Persembahkan: Peta Indonesia Terkini, Lengkap dengan Kabut Asap

Peta Kebakaran Hutan
Sumber :
  • Twitter

VIVA – Kebakaran hutan dan lahan dalam beberapa pekan terakhir menjadi isu serius. Beberapa titik kebakaran terjadi di Sumatera dan Kalimantan. Dampak kebakaran, asap telah terasa di beberapa daerah hingga ke negara tetangga Malaysia.

Sherina Munaf Keceplosan Spoiler Petualangan Sherina 2, Reaksinya Bikin Ngakak

Sebuah akun instagram @temukunco menyindir dengan memposting peta kebakaran dan penyebaran asap yang terjadi di Indonesia belakangan. Pemilik akun bernama Iwan Pribadi ini mengutip windy.com, salah satu website asal Republik Ceko yang menginformasikan soal kondisi cuaca, iklim dan kondisi bumi secara realtime.

"Saudara-saudara sebangsa dan setanah air. Saya persembahkan. Peta Indonesia terkini..," tulisnya.

Mungkinkah Fatwa Agama Cegah Kebakaran Hutan di Indonesia?

BMKG Prediksi Puncak Musim Kemarau Agustus 2020

Dalam foto capture yang ia posting terlihat peta Indonesia, di mana ada beberapa titik merah yang menggambarkan kebakaran hutan, dan warna hitam menggambarkan penyebaran asap hingga ke Malaysia dan Singapura.

"Ini Kota Jambi, yang kalau tidak salah punya julukan Kota Bertuah dan Bumi Melayu," tulisnya.

Terlihat Peta Palangka Raya Kalimantan Tengah yang memiliki titik paling merah di antara lainnya.

"Sekadar informasi, semakin merah warnanya, menunjukkan semakin tinggi kandungan (karbon monoksida) di lokasi tersebut. Seperti di kota Palangka Raya, tercatat konsentrasi CO-nya 846ppbv (Part Per Billion by Volume)," tulisnya.

Sedangkan titik di pulau Sumatera yaitu Jambi mengalami konsentrasi tertinggi titik kebakaran. Belum bisa dipastikan kebenaran dari peta kebakaran hutan ini.

"Tercatat konsentrasi CO-nya 5252ppbv (Part Per Billion by Volume)," tulisnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya