Logo BBC

Kebakaran Hutan: Pakar Kesehatan Ingatkan Ancaman Bahaya Akibat Asap

- Wahyu
- Wahyu
Sumber :
  • bbc

Pakar kesehatan memperingatkan ancaman bahaya kesehatan akibat asap kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), di tengah memburuknya kualitas udara di Kalimantan Tengah dan Riau.

Julyana Mantuh hanya menanti turunnya hujan. Setelah hampir tiga bulan menjalani hidup di bawah kabut asap di Palangka Raya, Kalimantan Tengah, ia merasakan penyakit asmanya kumat lagi.

Perempuan berusia 25 tahun itu mengatakan kepada BBC News Indonesia bahwa asap Karhutla telah mengganggu aktivitasnya di luar rumah.

"Ada beberapa daerah yang jarak pandangnya itu kurang dari seratus meter. Dan beberapa hari terakhir juga saya merasakan sakit tenggorokan dan enggak enak buat aktivitas di luar rumah. Karena kalau sebentar aja berkendara di luar rumah itu mata kita jadi perih.

"Kami sangat butuh hujan, sebenarnya, karena kemarin sempat turun hujan dan itu bikin bersih udara kota Palangka Raya. Dan ternyata di- epic comeback (kembali lagi) sama asap lagi," kata Julyana, yang selalu membawa inhaler dan masker N95 setiap keluar rumah.

Kualitas udara di Palangka Raya memang sangat buruk dalam beberapa hari terakhir. , indeks kualitas udara di ibu kota Kalimantan Tengah itu pada Selasa, 17 September 2019 mencapai 480, yang berarti "Hazardous" atau berbahaya - jauh dari batas aman, yakni 100.

Dampaknya udara buruk bagi kesehatan telah dirasakan oleh sebagian warga Palangka Raya. Dinas Kesehatan Kalimantan Tengah mencatat bahwa setiap pekan terdapat kurang-lebih 2000 warga yang melaporkan Infeksi Saluran Pernapasan Akut atau ISPA. Gejalanya berupa batuk dan pilek, namun bisa lebih berat bagi penderita asma seperti Julyana.

Namun demikian, Kepala Dinas Suyuti Syamsul mengatakan bahwa situasi belum ditetapkan sebagai kejadian luar biasa.