Logo timesindonesia

Tak Difungsikan, Terminal di Ponorogo Kumuh

Bangunan sisi timur terminal Seloaji Ponorogo.
Bangunan sisi timur terminal Seloaji Ponorogo.
Sumber :
  • timesindonesia

Saat ini, kondisi bangunan bekas Terminal Seloaji sisi timur tak lagi ramai hilir mudik penumpang, tak satupun orang beraktivitas di sana.

"Sejak dua tahun terakhir usai pelimpahan wewenang pengelolaan terminal tipe A dari daerah ke pemerintah pusat kompleks bangunan di area timur tersebut tidak ikut dilimpahkan,’’ Ungkap Kepala Satuan Pelaksana Terminal Tipe A Seloaji Ponorogo Eko Hadi Prasetyo Jumat (20/9/2019).

Eko Hadi Prasetyo mengatakan kompleks Terminal Seloaji Ponorogo secara keseluruhan menempati tanah seluas tujuh hektare. Saat pelimpahan 2017 lalu hanya empat hektare area di sisi barat yang dilimpahkan. Bahkan tak semua dikelola karena ruang terbuka hijau dan area parkir sepeda motor di sisi barat masih menjadi milik daerah. Sementara di sisi timur, seluruh tanah plus bangunan peron lama juga masih berstatus aset pemkab setempat.

‘’Tiga hektare lebih statusnya masih menjadi aset Pemkab Ponorogo,’’ katanya.

Mengenai ada area yang tidak dilimpahkan, Eko menyebutkan bahwa pemerintah daerah punya pertimbangan setelah hasil negosiasi antara pusat dan daerah, dengan disepakati bahwa hanya empat hektare yang dilimpahkan ke Kemenhub.

‘’Waktu itu pemkab mungkin punya pertimbangan sendiri. Akhirnya pemerintah pusat membangun hanya di area barat,’’ sebutnya.

Eko menambahkan kebanyakan daerah memang cukup berat melepas aset mereka seiring kebijakan baru itu. Termasuk, beberapa jembatan timbang yang juga diambil alih oleh Kemenhub, per 2017 lalu.