Logo BBC

Pemerintah RI Gengsi Terima Bantuan Negara Tetangga Tangani Karhutla

Kondisi di Palangkaraya pada pertengahan September 2019. - Bjorn Vaughn
Kondisi di Palangkaraya pada pertengahan September 2019. - Bjorn Vaughn
Sumber :
  • bbc

Pemerintah Indonesia berkukuh untuk memadamkan kebakaran hutan sendiri dengan alasan `tidak mau dilecehkan` serta menyatakan punya cukup personil pemadam, meski pemerintah Malaysia dan Singapura telah menyatakan siap membantu.

Seperti diberitakan beberapa media Malaysia, Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad, mempertanyakan alasan pemerintah Indonesia yang tidak mau menerima bantuan Malaysia untuk memadamkan kebakaran hutan di Indonesia (19/09).

Asap dari kebakaran hutan, yang terjadi di enam provinsi di Indonesia, telah menyeberang ke Malaysia dan Singapura dan mengganggu aktivitas masyarakat di dua negara itu.

Sebelumnya, pemerintah Singapura juga mengklaim sudah menawarkan bantuan ke Indonesia.

"Ah gitu aja minta bantuan"

Dalam akun Facebook resminya, Menteri Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Air Singapura Masagos Zulkifli mengatakan ia telah berkomunikasi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia untuk menawarkan bantuan untuk memadamkan api.

"Kami telah menawarkan bantuan teknis pemadaman kebakaran ke Indonesia dan siap membantu jika diminta oleh pemerintah Indonesia, seperti yang kami lakukan pada tahun 2015," ujar Zulfikli.