Logo timesindonesia

Pegiat Lingkungan Hidup Dukung Pemindahan Ibukota Negara

Ketua Perkumpulan Profesional Lingkungan, Dr Tasdiyanto saat diskusi bertema Pindah Ibu Kota dalam Perspektif HAM dan lingkungan di Yogyakarta. (FOTO: Dwijo Suyono/TIMES Indonesia)
Ketua Perkumpulan Profesional Lingkungan, Dr Tasdiyanto saat diskusi bertema Pindah Ibu Kota dalam Perspektif HAM dan lingkungan di Yogyakarta. (FOTO: Dwijo Suyono/TIMES Indonesia)
Sumber :
  • timesindonesia

Sejumlah pegiat lingkungan hidup yang tergabung dalam Perkumpulan Profesional Lingkungan mendukung langkah pemerintah yang akan memindahkan Ibu Kota Indonesia dari Pulau Jawa ke Kalimantan.

Alasannya, kondisi lingkungan hidup di Pulau Jawa sudah memprihatinkan karena memerlukan penanganan serius agar lingkungan di Pulau Jawa tetap aman bagi kesehatan.

“Sejak tahun 2010, kami sudah melakukan kajian mengenai fenomena lingkungan hidup di Indonesia khususnya Jawa. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa  kondisi lingkungan hidup di pulau Jawa sudah membahayakan,” kata Ketua Perkumpulan Profesional Lingkungan, Dr Tasdiyanto.

Tasdiyanto menambahkan, kondisi lingkungan hidup dan kualitas lingkungan hidup di  Jakarta terlihat semakin parah. Hal itu dapat dilihat dari kualitas udara dan air sumur milik warga. Karena itu, Perkumpulan Profesional Lingkungan memberikan tiga alternatif perbaikan lingkungan hidup di Ibu Kota Jakarta, salah satunya adalah memindahkan pusat pemerintahan dari pulau Jawa.

“Yang pasti, apabila ibu kota pindah maka perbaikan lingkungan hidup di Jakarta makin ringan. Yang terjadi saat ini masalah lingkungan selalu kejar-kejaran dengan solusinya,” terang Tasdiyanto.

Tasdiyanto mengingatkan, pemindahan ibu kota ke Kalimantan harus disertai perencanaan dan kajian kajian yang komprehensif. Sehingga, semua komponen infrastruktur menjadi lebih baik, tidak seperti Jakarta saat ini  yang dulu bernama Batavia sebenarnya bukan didesain untuk menjadi ibu kota negara sehingga daya dukungnya terbatas.

“Dari sudut politik, ekonomi dan lingkungan, kami mendukung keputusan untuk memindahkan ibu kota, ke pulau Kalimantan,” terang Tasdiyanto.