Alhamdulillah, Pekanbaru dan Muaro Jambi Diguyur Hujan

Rute operasi hujan buatan di Jambi sampai Pekanbaru
Sumber :
  • Dokumen BBTMC-BPPT

VIVA – Operasi Teknologi Modifikasi Cuaca atau TMC di Provinsi Riau terus menunjukkan perkembangan signifikan. Senin siang hingga sore 23 September 2019, hujan terjadi di 6 lokasi di wilayah Riau, yaitu di Kabupaten Siak, di Kabupaten Indragiri Hilir, Kabupaten Indragiri Hulu dan kota Pekanbaru, Rengat dan Kabupaten Meranti. Sementara  hujan juga juga dilaporkan terjadi di wilayah Muaro Jambi, Provinsi Jambi. 

Antisipasi Erupsi Marapi Ganggu Penerbangan, Sumbar Modifikasi Cuaca Bikin Hujan Buatan

“Kami terima laporan hujan siang di Kabupaten Siak. Jelang sore hari hujan terjadi di Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir dan Indragiri Hulu. Sementara di Pekanbaru hujan terjadi sekitar pukul 16.00. Posko TMC Riau di Lanud Roesmin Nurjadin juga diterpa hujan cukup deras,” ujar Samba Wirahma, Koordinator Lapangan BBTMC-BPPT Posko TMC Riau dalam keterangannya dikutip Selasa 24 September 2019.

Di Provinsi Jambi, kata Samba, hujan juga dilaporkan terjadi di wilayah Muaro Jambi pada Senin sore 23 September 2019. 

BMKG Sebut Hujan Turun di Jabodetabek Kemarin Hasil Modifikasi Cuaca

Menurut Kepala BBTMC-BPPT, Tri Handoko Seto, wilayah Palalawan dan Indragiri Hilir memang menyumbang kepekatan asap cukup tebal di kota Pekanbaru. Demikian pula di Provinsi Jambi, operasi TMC akan difokuskan.  

“Mudah-mudahan dalam beberapa hari ke depan pertumbuhan awan terus membaik di wilayah Sumatera, dan dioptimalkan dengan operasi TMC sehingga kabut asap segera hilang,” ujarnya.  

Intip Cara Pemkab Siak Amankan Gambut dari Kebakaran dan Dapat Cuan

Sebelumnya, operasi TMC Posko Pekanbaru sempat mengalami kendala. Pada Senin 23 September pagi hari, jarak pandang di Pekanbaru terpantau masih di bawah 800 meter.

“Kami sempat mengalami mengalami kendala kabut asap tebal di landasan pacu Lanud Roesmin Nurjadin pagi hari. Akibatnya penerbangan tidak diizinkan dengan visilibity tersebut,” ujar Samba Wirahma. 

Baru sekitar 14.30 WIB, Lanud Roesmin Nurjadin memberi izin terbang pesawat. Hercules C130 milik TNI AU berangkat dari Lanud Roesmin Nurjadin tujuan Jambi dengan mengangkut 4000 Kg CaO, dengan tim terdiri dari flight scientist BBTMC-BPPT dan TNI AU.

Selain Jambi, penerbangan pesawat Hercules sekaligus menjangkau sebagian wilayah Provinsi Riau yaitu  Kabupaten Indragiri Hilir, Indragiri Hulu dan Kuantan Singingi. CaO atau kapur tohor berfungsi membongkar kepekatan asap sehingga memudahkan pertumbuhan awan-awan potensial. 

Dalam waktu berdekatan, pesawat Cassa 212-200 yang dilengkapi Flight Scientist BBTMC-BPPT dan TNI AU juga diterbangkan dari landasan pacu mengangkut NaCL sebanyak 800 Kg untuk penyemaian awan di Kabupaten Pelalawan, Indragiri Hulu dan Kuantan Singingi Provinsi Riau. Pesawat Cassa 212-200 terbang dua kali hari ini juga untuk Kabupaten Siak  dan Bengkalis.

Posko Riau diperkuat pos pemantauan meteorologi (Posmet) di Dumai dan Pelalawan, dengan jumlah personil 10 orang dari BBTMC-BPPT, satu  orang dari BMKG, 13 orang (kru pesawat Hercules C 130 dengan no reg A-1328 dari Skuadron 31 Halim Perdana Kusumah), dan 12 orang (kru Cassa 212-200 no reg A-2108 dari Skuadron 4 Malang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya