Calon Ibu Kota Baru Berkonsep Kota dalam Hutan, Mirip di Singapura

Kedaton Kutai Kartanegara.
Sumber :
  • Triptrus.com

VIVA – Sebagian wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara menjadi salah satu daerah yang dipilih menjadi ibukota baru di Indonesia. Sekretaris Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, Awang Yacoub Luthman mengatakan pihaknya sangat senang dengan keputusan itu.

"Pada prinsipnya masyarakat termasuk bagian dari masyarakat, kesultanan ya. Kesultanan merasa senang sekali bangga betul," kata Awang, di Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Selasa, 23 September 2019.

Dia mengatakan pihaknya berharap pemerintah bisa memanfaatkan hutan tropis dalam pengembangan ibu kota nanti. Mereka sudah menyampaikan pada presiden Joko Widodo agar landscapenya menjadi city forest, membangun kota di dalam hutan.

Konsep ini sudah diterapkan di Singapura. Awang mengatakan jika wilayah Kutai sudah memiliki hutan tinggal dibuatkan saja kotanya.

"Yang jadi masalah adalah kita membangun landscape satu kota, sebenernya kan variabel-variabel indikator untuk proses pemenuhan infrastruktur satu kota itu memerhatikan semua aspek. Nah salah satu aspek kita sudah mengingatkan bahwa kita itu adalah hutan, daerah kita itu hutan tropis," kata dia.

Harapannya adalah saat mencoba membangun ibu kota nantinya, tidak mengabaikan lingkungan hidup sekitar. Dia mencontohkan adalah permasalahan air yang diserap hutan itu.

Kelebihan penyerapan air ini menurut Awang bukan hanya dirasakan oleh wilayah Kalimantan saja.

"Begitu ada proses perubahan degradasi dampak bentang alam saya pikir di Makassar punya pengaruh jadi jangan bangga juga Makassar punya air bersih misalkan konon ceritanya, enggak ya karena salah satunya hutan kita ini masih stabil. Lorong-lorong sungai bahwa air yang tembusnya sampe ke Makassar dsb saya pikir itu jg harus dijaga. Saya pikir kita sepakat," jelasnya.

2024 Indonesia Ganti Ibu Kota dan 5 Negara Ini Alami Hal Serupa
Direktur Perumusan Kebijakan Kekayaan Negara, Kemenkeu, Encep Sudarwan

Aset Pemerintah di Jakarta yang Ditinggal ke IKN Wajib Diserahkan ke Kemenkeu

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) membeberkan nasib aset-aset Pemerintah di Jakarta setelah ibu kota, pindah ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur.

img_title
VIVA.co.id
21 Desember 2023