197 Ribu Lowongan CPNS Tersedia Bulan Depan

Sejumlah peserta mengikuti ujian seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas

VIVA – Kamu mau jadi pegawai negeri? Kebetulan nih, bulan depan pemerintah melalui Kementerian Pemberdayaan dan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, berencana membuka lowongan.

Ratusan Ribu Ribu PNS Sudah Ikuti Uji Kompetensi dari BKN untuk Siap Pindah ke IKN

Kabar gembira itu disampaikan oleh Sekretaris Kemenpan-RB, Dwi Wahyu Atmaji, saat menghadiri Rapat Koordinasi Kepegawaian 2019, yang dihelat di Yogyakarta, Rabu 25 September 2019.

Dilansir dari laman Facebook Badan Kepegawaian Negara, Kamis 26 September 2019, Dwi memaparkan rencana tersebut di depan para peserta rapat.

Menpan-RB Janji Angkat 2,3 Juta Tenaga Honorer: Tes Hanya Formalitas

“Dari kebijakan recruitment 2019, total formasi yang akan kami gulirkan sekitar 197.111 lowongan, terdiri dari pusat 37.854 dan daerah 159.257,” ujarnya melalui video yang diunggah.

Dari jumlah tersebut, ada beberapa formasi umum dan daerah. Dwi mencontohkan, dari diaspora bisa berasal dari pusat dan daerah, begitu pula kaum disabilitas.

Sah! Periode Kenaikan Pangkat PNS Kini 2 Bulan Sekali

“Untuk putra putri Papua dan Papua Barat, khusus dari pusat saja,” tuturnya.

Dari seluruh kebutuhan yang ada, kata Dwi, guru masih mendominasi. Jumlahnya mencapai 63 ribuan, dengan komposisi empat ribuan di pusat dan sisanya di daerah.

“Kesehatan di pusat 1.400-an, sisanya daerah. Lalu, ada dosen dua ribuan. Tapi, ini masih dalam perhitungan. Saya yakin, kebutuhan akan dosen lebih dari segitu,” ungkapnya.

Sementara itu, berdasarkan bagan yang dipampang di acara tersebut, diketahui bahwa pengumuman lowongan CPNS akan dimulai pada Oktober 2019. Lalu, dilanjutkan dengan proses pendaftaran pada bulan berikutnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya