Logo timesindonesia

Polres Lamongan Tangkap Komplotan Pencuri Dump Truck

Kelima tersangka beserta barang bukti pencutian dump truck yang diamankan di Polres Lamongan, Kamis (3/10/2019). (FOTO: MFA Rohmatillah/TIMES Indonesia)
Kelima tersangka beserta barang bukti pencutian dump truck yang diamankan di Polres Lamongan, Kamis (3/10/2019). (FOTO: MFA Rohmatillah/TIMES Indonesia)
Sumber :
  • timesindonesia

Satreskrim Polres Lamongan berhasil membekuk kawanan pencuri dump truck, yang melancarkan aksinya di gudang pembakaran gamping milik Marsim, di Desa Girik, Kecamata  Ngimbang pada awal Agustus lalu.

"Kasus in terjadi pada tanggal 2 Agustus 2019 dan pada 28 September Tim Jaka Tingkir Satreskrim Polres Lamongan bisa mengungkap kasus pencurian ini dan mengamankan lima tersangka. Sebenarnya masih ada satu tersangka lagi, sebagai penadah, yang saat ini masih buron," kata Kapolres Lamongan, AKBP, Feby DP Hutagalung, dalam rilis, Kamis (3/10/2019)

Kelima tersangka yang dibekuk adalah Kiswanto (32) warga Desa Girik Kecamatan Ngimbang, Lamongan, Tarip (43) warga Desa Sendangrejo
Ngimbang, Lamongan, Yan Marjoni (36) warga Desa Pojok, Kecamatan Wates, Kediri, Ibnu Mu'alifin (37) warga Desa Candirejo Kecamatan
Ponggok, Blitar dan Tamam Syafi'i (42) asal Dusun Sumberjo Kecamatan Kandat Kediri.

Kiswanto menjadi otak kawanan pencuri yang terbentuk secara dadakan tersebut. Ia mengajak Tarip merencanakan pencurian dump truck nopol S 9673 UK milik Marsim, mantan juragan Kiswanto.

Rencana pencurian dump truck tersebut dilatar belakangi rasa dendam Kiswanto, karena ia dipecat oleh korban.

Setelah perencanaan matang, Kiswanto pun langsung melancarkan aksinya dan berhasil membawa kabur dump truck ke Jombang menemui, tersangka Tarip. Dua tersangka ini kemudian melanjutkan perjalanan ke Pare Kediri menemui Yan Marjoni.

"Truk curian ditawarkan pada Yan Marjoni, kemudian Yan Marjoni menghubungi Ibnu Mualifin dan Tamam SyafiiI yang kemudian oleh mereka dihubungkan ke penadah Sokip (DPO) untuk membeli truck curian itu seharga Rp. 60 juta," kata Feby yang didampingi Kasat Reskrim, AKP Wahyu Norman Hidayat.