Keasyikan Cari Makan, Hiu Paus Berbobot 1,5 Ton Mati Terdampar

Hiu Paus
Sumber :

VIVA – Seekor Hiu Paus berbobot 1,5 ton dengan panjang 741 sentimeter, ditemukan mati terdampar di pantai Kampung Taluak Batuang, Kecamatan Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

Harimau Peliharaan Terkam Pemuda hingga Tewas di Samarinda, Pemilik Jadi Tersangka

Berdasarkan informasi yang dihimpun VIVA di lapangan, satwa liar dilindungi yang memiliki nama latin Rhincodon Typus itu, diketahui mati pada Senin sore 7 Oktober 2019 sekira pukul 16.00 WIB, setelah sebelumnya sempat terjerat jaring ikan.

Meski nelayan bersama warga setempat sudah berupaya menarik kembali hiu paus itu ke tengah laut, namun spesies ikan terbesar pemakan plankton itu tetap menepi. Hingga kini, bangkai hiu paus itu menjadi tontonan warga setempat. 

Viral, Prajurit TNI Pangkat Prada Kegep Curi Kulit Harimau Milik Komandan

Untuk sementara, Otoritas terkait dalam hal ini Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut (BPSPL) kota Padang, memiliki tiga opsi untuk menangani bangkai hiu paus tersebut yakni dengan cara di bakar, di kubur dan, dibenamkan ke laut dalam.

“Ada tiga opsi, di kubur, bakar atau dibenamkan ke laut dalam. Kemungkinan besar, akan kita kubur saja. Sekarang lagi menunggu alat berat untuk mengangkat bangkai hiu paus ini,”kata Fadli Pratama Wijaya, petugas reaksi cepat BPSPL Padang, Selasa 8 Oktober 2019 dilansir dari laman VIVAnews.

Man Utd Incar Penyerang Tua yang Bela Real Madrid

Menurut Fadli, terdamparnya hiu paus ini disebabkan oleh dua faktor yakni, faktor keasyikan mencari makan hingga terjebak di laut dangkal dan faktor kedua disebabkan arus dan angin yang cukup kencang.

“Waktu terdampar masih hidup namun lemas. Matinya kira-kira pukul 16.00 WIB. Kita menduga, hiu paus ini terdampar karena keasyikan mencari makan dan terjebak di laut dangkal atau akibat arus dan angin laut yang cukup kencang beberapa waktu terakhir,” tutur Fadli.

Hewan yang dilindungi diseludupkan di Thailand

Bea Cukai Berhasil Gagalkan 6 Warga India yang Mau Seludupkan 87 Hewan Dilindungi Untuk Dijual Liar

Puluhan hewan dilindungi dan langka telah ditemukan oleh petugas bea cukai Thailand pada hari Rabu di Bandara Internasional Suvarnabhumi Bangkok, sehingga mendorong pihak

img_title
VIVA.co.id
7 Maret 2024