Jokowi Tiba di Gedung MPR

Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Jokowi.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

VIVA – Presiden Joko Widodo baru tiba di Gedung MPR/DPR untuk menghadiri pelantikan dirinya sebagai Presiden RI periode 2019 - 2024. Beliau ditemani keluarga, terutama sang Istri Iriana. Mereka disambut Ketua MPR, Bambang Soesatyo.

PDIP: Serangan Iran ke Israel Dikhawatirkan Perburuk Perekonomian Indonesia

Diketahui, dalam siaran tvOne, Minggu, 20 Oktober 2019, anggota keluarga lain yang menemani adalah Kahiyang Ayu dan Bobby Nasutioon bersama sang putri, Sedah Mirah. Ada juga Gibran dan Kaesang, namun tak tampak Jan Ethes dan ibu atau istri dari Gibran.

Tampak juga Kaesang yang rambutnya sedikit bergaya polem, dan berpakaian warna senada dengan Gibran.

Bantah Kunjungan Jokowi ke Sumut Cawe-cawe Pilgub, Bobby Nasution: Mau Lihat Cucu

Wakil presiden Ma’ruf Amin pun sudah berada lebih dulu di lokasi. Ma'ruf Amin memakai peci dan jas hitam serta kemeja putih dan dasi merah. Ia berdiri dengan didampingi oleh Wury Estu Handayani.

Istimewanya lagi, pelantikan Jokowi-Ma’aruf Amin juga dihadiri oleh para pemimpin dan utusan dari sedikitnya 17 negara sahabat. Ada Australia, Singapura, China, Afrika, hingga Amerika Serikat.

Menlu Retno Ungkap 2 Arahan Jokowi soal Konflik Iran vs Israel

Sebelumnya, berdasarkan susunan acara yang diterima, sebelum Jokowi dan Ma’ruf Amin hadir di ruangan rapat paripurna  I - tempat keduanya dilantik - seluruh anggota MPR dan tamu undangan lainnya masuk pada pukul 13.00 WIB.

Pelantikan dihadiri oleh seluruh anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), yang juga terdiri dari anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

Kemudian berlanjut dengan kehadiran tamu-tamu kehormatan dari negara-negara sahabat dan kehadiran mantan presiden dan wakil presiden. Pada pukul 14.02 WIB, Wakil Presiden terpilih, Ma’ruf Amin dijadwalkan tiba diikuti Jusuf Kalla yang merupakan Wakil Presiden periode 2014-2019.

Adapun Presiden Jokowi dijadwalkan masuk ke ruang pelantikan atau dikenal dengan nama beken Gedung Kura-Kura pada pukul 14.10 WIB.

Kehadiran Jokowi dan Ma'ruf Amin bersama dengan 10 pimpinan MPR yang merupakan tuan rumah sekaligus penyelanggara acara inagurasi pelantikan. Barulah pada pukul 14.30 WIB, semua undangan termasuk Presiden dan Wakil Presiden terpilih ada di dalam satu ruangan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya