Waspadai Hujan Lebat & Angin Kencang Hari Ini

VIVAnews -- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau kepada masyarakat Indonesia untuk mewaspadai perubahan cuaca yang mengakibatkan tingginya curah hujan dan disertai angin kencang, petir selama 3 hari, 5-7 Januari 2010.

Berdasarkan data BMKG, terdapat daerah tekanan rendah di Laut Timor sebelah Tenggara NTT dan di Samudera Hindia sebelah Barat Daya Lampung serta pusaran angin tertutup di perairan sebelah Barat Sumatera bagian Utara memberi pengaruh terhadap aktifitas pertumbuhan awan-awan hujan di wilayah Indonesia.

Perlu diperhatikan pula adanya daerah pumpunan angin yang memanjang dari Sumatera bagian Selatan hingga ke Laut Banda yang mendukung pertumbuhan awan - awan hujan di sekitar wilayah tersebut. Kondisi suhu muka laut di perairan Indonesia yang masih cukup hangat mendukung suplai uap air di beberapa wilayah Indonesia.

Perlu juga diperhatikan adanya aktifitas konvektif terkait dengan temperatur yang cukup tinggi pada siang hari yang merupakan aktifitas atmosfer berskala lokal dimana hal tersebut akan memberikan peluang bagi pertumbuhan awan-awan konvektif yang berpotensi menimbulkan hujan lebat yang disertai angin kencang dan petir dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Wilayah yang berpotensi  hujan lebat disertai  petir dan angin kencang adalah :

-    Pesisir Barat Sumatera
-    Sumatera bagian Utara, Tengah dan Selatan
-    Kalimantan bagian Barat dan Timur
-    Jabodetabek
-    Sebagian besar Pulau Jawa
-    Sulawesi bagian Selatan dan Tenggara
-    Bali dan Nusa Tenggara
-    Maluku bagian Utara
-    Papua bagian Tengah

Yoon Bomi Apink Pacaran dengan Produser Rado Selama 7 Tahun
Rektor Universitas Mercu Buana, Prof. Dr. Andi Adriansyah, M. Eng

Prodi Teknik Sipil dan Elektro UMB Raih Akreditasi Unggul

Pencapaian program studi Teknik Sipil dan Elektro tersebut, semakin memantapkan posisi Fakultas Teknik Universitas Mercu Buana sebagai salah satu fakultas teknik terbaik.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024