Tak Cuma Prabowo, Wakil Ketum Gerindra Jadi Menteri di Kabinet Jokowi

Edhy Prabowo
Sumber :

VIVA – Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bertemu dengan Presiden Joko Widodo. Prabowo didampingi oleh Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Edhy Prabowo datang ke Istana Kepresidenan, Senin sore, 21 Oktober 2019.

Prabowo Khawatir Terjadi Benturan Sosial Sehingga Minta Aksi Damai di MK Dibatalkan

Usai melakukan pertemuan, Prabowo menyampaikan hasil pertemuannya dengan Jokowi. Dia mengisyaratkan bahwa Partai Gerindra mendapat jatah dua kursi menteri.

"Yang dipanggil dua (Prabowo dan Edhy Prabowo), jadi ya berapa kira-kira? (menteri dari Gerindra)," kata dia di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin sore, 21 Oktober 2019, seperti dikutip dari tvOne.

Ikuti Perintah Prabowo, TKN Pastikan Aksi Damai Relawan di MK Batal

Dia menjelaskan bahwa Gerindra diminta Jokowi untuk mengisi posisi menteri di Kabinet Kerja jilid II. Pihaknya pun mengaku siap membantu pemerintahan Jokowi-Ma’ruf dalam lima tahun ke depan.

"Kami diminta untuk memperkuat kabinet beliau dan saya sudah sampaikan keputusan kami dari Partai Gerindra apabila diminta kami siap membantu. Hari ini resmi diminta, kami akan membantu," katanya.  

Prabowo Minta Pendukungnya Tak Lakukan Aksi di MK

Lebih lanjut Prabowo yang menjadi rival Jokowi di Pilpres 2019 lalu itu mengatakan dia diminta Jokowi untuk membantu di bidang pertahanan. Dia pun berjanji akan bekerja untuk mencapai sasaran dan harapan Jokowi.

"Saya akan bekerja sekeras mungkin dalam mencapai sasaran dan harapan yang diinginkan," ujarnya.

Soal posisi Edhy Prabowo di kabinet Jokowi, menurut dia akan diumumkan oleh Jokowi. "Tempatnya di mana sudah dikonfirmasi tapi beliau sendiri yang akan mengumumkan. Beliau akan umumkan mungkin hari Rabu," imbuh Prabowo.

Prabowo sendiri sebelum pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih periode 2019-2024 telah melakukan safari politik. Pada Jumat, 11 Oktober 2019 lalu, dia menemui Jokowi di Istana Merdeka. Kemudian pada Minggu, 13 Oktober 2019, Prabowo menemui Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (NasDem) Surya Paloh di kediamannya di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Sehari setelahnya atau pada Senin, 14 Oktober 2019, Prabowo menemui Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin di Kantor DPP PKB di Jalan Raden Saleh, Jakarta Pusat. Lalu Selasa, 15 Oktober 2019, Prabowo menemui Ketua Umum Golkar Airlangga Hartato di DPP Golkar, Jakarta. Safari politiknya tersebut dinilai sebagai sinyal Gerindra bergabung dengan pemerintahan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya