Logo BBC

Ada Harapan Besar untuk 3 Pengusaha Calon Menteri Muda

Tiga pengusaha muda, Nadiem Makarim, Wishnutama, dan Erick Thohir menyatakan siap untuk membantu Presiden Joko Widodo dalam Kabinet Kerja Jilid II - ANTARA
Tiga pengusaha muda, Nadiem Makarim, Wishnutama, dan Erick Thohir menyatakan siap untuk membantu Presiden Joko Widodo dalam Kabinet Kerja Jilid II - ANTARA
Sumber :
  • bbc

Tiga pengusaha muda, yakni Nadiem Makarim, Wishnutama, dan Erick Thohir menyatakan siap untuk membantu Presiden Joko Widodo dalam Kabinet Kerja Jilid II. Ketiganya termasuk dari sejumlah orang yang dipanggil Jokowi ke Istana Negara, Senin (21/10).

Pasar merespons positif kemunculan calon-calon menteri muda ini. Para pengusaha muda yang akan bergabung di kabinet, dianggap menjadi pilihan ideal untuk mewakili generasi muda dalam pemerintahan Jokowi lima tahun mendatang.

Namun, pengamat politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Aisah Putri Budiarti, mengingatkan karakter pemerintahan yang birokratis-administratif, bisa jadi kendala bagi wajah-wajah baru yang berasal dari kalangan profesional ini.

"Saya harap menempatkan menteri-menteri yang punya inovasi seperti itu juga diikuti oleh perubahan tata kelola pemerintahan yang juga tidak rumit dan kaku seperti dulu," ujar Aisah kepada BBC News Indonesia, Senin (21/10).

Meski demikian, mantan Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin, mengatakan keberadaan para pengusaha muda yang penuh inovasi ini di dalam kabinet ini justru diharapkan untuk mengubah `tata kelola organisasi yang rumit` dan menciptakan `budaya organisasi baru`.

Selain ketiga pengusaha muda, wajah-wajah lama dalam pemerintahan, seperti Mahfud MD, mantan menteri perindustrian Airlangga Hartato, juga datang ke Istana. Presiden Jokowi akan mengumumkan menteri-menterinya dalam kabinet kerja jilid II pada Rabu (23/10) mendatang.

`Suatu kehormatan`

Pendiri Mahaka Gorup, Erick Thohir, yang sempat menjabat ketua tim kampanye nasional Jokowi-Ma`ruf, hadir di Istana Negara, kemarin, tak lama berselang setelah Komisaris Utama NET Mediatama Televisi, Wishnutama tiba.

Selain Wishnutama, pendiri dan CEO Gojek, Nadiem Makarim, juga merapat ke istana.

Tampil kompak mengenakan kemeja putih, yang merupakan pakaian para menteri di Kabinet Kerja jilid I, ketiganya sama-sama menyatakan bersedia menjadi bagian dari kabinet kerja jilid II, seperti diungkapkan oleh Nadiem Makarim.

"Saya merasa ini suatu kehormatan buat saya, saya diminta untuk bergabung kabinet Pak Presiden, beliau mempercayai saya dengan tanggung jawab ini dan saya menerima," ujar Nadiem yang baru berusia 35 tahun ini.