7 Pembisik Jokowi yang Bantu Susun Kabinet Jilid II

Presiden Joko WIdodo, Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) membentuk Tim 7 untuk membantunya dalam menyusun Kabinet Kerja Jilid II. Ketujuh orang dalam Tim 7 itu, yakni Praktikno, Pramono Anung, Moeldoko, Retno Marsudi, Soekardi Rinakit, Ari Dwipayana, dan Alexander Lay.

Jokowi Enggak Bahas Pemerintahan Prabowo saat Buka Puasa Bersama Menteri di Istana

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin mengatakan, Tim 7 diberi tugas khusus oleh Kepala Negara untuk membantu selama Kabinet belum terbentuk. "Tim 7 membantu Presiden Jokowi selama penyusunan kabinet," kata dia di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa, 22 Oktober 2019, dikutip dari tvOne.

Selain itu, Jokowi juga telah menunjuk Fadjroel Rachman sebagai Staf Khusus bidang Komunikasi dan Juru Bicara Presiden. Soal Tim 7, Fadjroel menjelaskan bahwa tugas mereka termasuk menghubungi calon menteri.

Ganjar Kasih Bocoran Kapan Mahfud MD Bakal Mundur dari Kabinet Jokowi

"Tugasnya Tim 7 menghubungi (calon menteri), termasuk menghubungi saya. Kemarin saya dihubungi Pak Pratikno," ujarnya.

Selain itu, Tim 7 juga memberikan masukan terhadap sejumlah nama calon menteri. Namun mereka berdiri di atas prinsip kehati-hatian dan penunjukkan menteri tetap menjadi hak prerogatif presiden.

Mahfud MD Blak-blakan Belum Mundur dari Menkopolhukam: Saya Jagain Prabowo!

"Namun siapa nama menteri, itu hak prerogratif Presiden," ujarnya.

Sementara itu, Presiden Jokowi sejak kemarin hingga hari ini sudah memanggil sejumlah tokoh. Mereka ada muka baru dan lama, berasal dari kalangan profesional dan partai politik. Beberapa nama, yang sudah dipanggil Jokowi, di antaranya Mahfud MD, Sri Mulyani, Prabowo Subianto, Erick Thohir, dan masih banyak lagi. Adapun pengumuman Kabinet baru Jokowi periode 2019-2014 akan dilakukan pada Rabu, 23 Oktober 2019.

Menteri Kabinet Indonesia Maju Buka Puasa Bersama Presiden Jokowi di istana

Risma dan Menteri PKB Tak Ikut Buka Puasa Bersama Jokowi, Budi Arie: Jangan Didramatisir

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan buka puasa bersama Menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta Pusat pada Kamis, 28 Maret 2024. Namun, ada beberapa

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024