Gantikan Wiranto Jadi Menkopolhukam, Ini Sepak Terjang Mahfud MD

Mahfud MD, Menkopolhukam di Kabinet Indonesia Maju.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

VIVA – Presiden Jokowi mengumumkan daftar menteri yang akan bertugas di Kabinet Indonesia Maju, Rabu pagi 23 Oktober 2019. Salah satu nama yang disebut, yakni Mahfud MD.

Istana: MK Tak Perlu Izin Jokowi untuk Panggil Menteri Sri Mulyani Hingga Risma

Pakar hukum tata negara asal Madura itu menggantikan jabatan Wiranto, sebagai Menteri Politik, Hukum dan Keamanan. Pengalaman Mahfud di bidang hukum, memang tidak perlu diragukan lagi.

Mahfud lahir di Sampang, Madura, 13 Mei 1957. Inisial MD dibelakang namanya berasal dari nama ayahnya, karena saat di SMP ada dua orang anak mempunyai nama yang sama bernama Mahfud.

Panggil 4 Menteri Jokowi jadi Saksi Sengketa Pilpres 2024, MK Jelaskan Alasannya

Sejak kecil, ia menempuh dua jenis pendidikan, pendidikan agama dan umum. Mahfud lalu melanjutkan pendidikan ke Pendidikan Guru Agama Negeri di Pamekasan, dan dilanjutkan ke Pendidikan Hakim Islam Negeri selama tiga tahun di Yogyakarta.

Setelah lulus, ia mengambil Jurusan Sastra Arab di Universitas Gadjah Mada, dan Jurusan Hukum Tata Negara Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta. Pada 2000, Mahfud menjadi Guru Besar bidang Politik Hukum dalam usia 43 tahun.

Ia kemudian dipilih menjadi Menteri Pertahanan oleh Presiden Abdurrahman Wahid, pada periode 2000-2001. Mahfud juga merangkap Menteri Kehakiman dan Hak Asasi Manusia.

Jokowi Enggak Bahas Pemerintahan Prabowo saat Buka Puasa Bersama Menteri di Istana

Setelah tidak menjadi eksekutif, Mahfud melirik terjun ke dunia legislatif. Awalnya, dia bergabung dengan Partai Amanat Nasional, sebelum hijrah ke Partai Kebangkitan Bangsa.

Pada Pemilu 2004, Mahfud terbukti terpilih sebagai anggota legislatif dari PKB untuk periode 2004-2009. Saat masa jabatannya berakhir di DPR, pada 2008, Mahfud mengikuti uji kelayakan calon hakim konstitusi. Ia lolos seleksi dan terpilih juga sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi untuk periode 2008-2013.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) Lepas Bantuan Kemanusiaan di Halim Perdanakusuma

Kata Jokowi soal Sri Mulyani Hingga Risma Dipanggil MK: Jumat Hadir

Presiden Joko Widodo (Jokowi) buka suara soal sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju akan dipanggil Hakim Mahkamah Konstitusi (MK), untuk dimintai keterangan terkait gug

img_title
VIVA.co.id
3 April 2024