Logo BBC

Pengangkatan Prabowo Jadi Menhan Disorot Media Asing

Prabowo (tengah) bersama Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Mensesneg Pratikno. - Antara
Prabowo (tengah) bersama Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Mensesneg Pratikno. - Antara
Sumber :
  • bbc

Langkah Presiden Joko Widodo mengangkat Prabowo Subianto sebagai menteri pertahanan banyak disorot media asing yang antara lain memberi judul pengangkatan "dari musuh ke koalisi" serta "hari gelap" dalam hak asasi manusia.

The Guardian, Inggris menaruh judul, "hari gelap HAM" terkait pengangkatan Prabowo mengutip Usman Hamid, dari Amnesty International Indonesia. Sementara Sydney Morning Herald mengangkat judul "dari musuh ke koalisi dalam enam bulan," pengangkatan yang disebutkan akan menurunkan nilai demokrasi di Indonesia.

Jokowi dan Prabowo bersaing ketat dua kali dalam pemilihan presiden 2014 dan 2019 dan hasil kedua Pilpres ini digugat sampai Mahkamah Konsitusi dan gagal.

Koalisi antara rival lama ini berpotensi menyebabkan menurunnya kualitas demokrasi di Indonesia, kata Sydney Morning Herarld.

Pengamat politik Greg Fealy dari Australian National University menyatakan pengangkatan Prabowo kontroversial dan yang paling mengejutkan karena kedua belah pihak bersaing ketat sebelumnya.

"Menurut saya sangat kontroversial dan banyak calon lain untuk posisi yang bisa membawa angkatan bersenjata ke arah yang diperlukan Indonesia dalam kondisi strategi di Asia tenggara yang lebih tidak stabil, dari situ, pengangatan ini sangat disayangkan,," kata Greg kepada BBC Indonesia.

"(Pengangkatan Prabowo) sangat diperhatikan oleh media, diplomat, akademisi, karena rekor Prabowo di Timor Leste, penculikan mahasiswa pada 1998, itu sudah banyak pelanggaran HAM, sudah terbukti, saya kira pasti kontroversial," kata Greg.