Logo BBC

Serba-serbi Sidang Kabinet Pertama: Prabowo Siap Diatur

- Akbar Nugroho Gumay/ANTARA FOTO
- Akbar Nugroho Gumay/ANTARA FOTO
Sumber :
  • bbc

Sehari setelah pelantikan jajaran menterinya, Presiden Joko Widodo menggelar sidang kabinet perdana di Istana Merdeka, Kamis 24 Oktober 2019, yang dihadiri seluruh menteri. Apa yang terjadi?

Digelar sekitar pukul 10.00 WIB, dan berakhir sekitar pukul 12.00, semua menteri Kabinet Indonesia Maju, termasuk Presiden Jokowi, mengenakan kemeja putih - ciri khas yang sudah dipraktikkan sejak kabinet pertamanya.

Seperti kelaziman, para jurnalis diberi kesempatan untuk mewawancarai para menteri sebelum dan sesudah rapat, tetap tidak semua bersedia menjawab pertanyaan.

Sejumlah muka baru dalam pemerintahan, misalnya, mengaku masih perlu belajar banyak terkait bidang tugasnya. Kepada pers, mereka enggan berbicara rinci terkait program kerja.

Di awal sidang kabinet, Jokowi kembali mengulang larangan terhadap menteri untuk mengambil kebijakan di luar visi-misi presiden. Sejak pengenalan menteri baru kepada publik awal pekan ini, Jokowi terus-menerus menyebut larangan itu.

"Perlu saya ulang, tidak ada visi-misi menteri, yang ada visi-misi presiden dan wakil presiden. Tolong dicatat karena lima tahun lalu ada dua-tiga menteri yang belum paham mengenai ini," ujarnya seperti dilaporkan wartawan BBC Indonesia, Abraham Utama.

Jokowi juga melarang para menterinya saling berdebat di ruang publik terkait suatu persoalan. Ia meminta perbedaan pendapat dibahas secara tertutup dalam rapat kabinet.