BNPB: 19 Bangunan Rusak Akibat Gempa Bumi di Maluku Utara

Kepala Pusat Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Agus Wibowo.
Sumber :
  • VIVA/ Eduward Ambarita.

VIVA – Kepala Pusat Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Agus Wibowo, mencatat dampak bencana gempa bumi di Maluku Utara mengakibatkan 19 bangunan mengalami rusak ringan.

Gempa di Taiwan, 18 Orang Masih Hilang

Ia menjelaskan rincian bangunan rusak mencakup 15 rumah, 3 gereja dan 1 sekolah. Rumah rusak ringan tersebut terjadi di Kelurahan Lelewi 9 unit, Mayau 5 dan Bido 1, sedangkan gereja masing-masing 1 unit rusak pada ketiga kelurahan tersebut.

“Fasilitas sekolah rusak teridentifikasi 1 unit di Kelurahan Mayau. Ketiga wilayah kelurahan ini berada di bawah administrasi Kecamatan Batang Dua, yang letaknya di sebuah pulau kecil,” kata Agus, Jumat, 15 November 2019.

Gempa Magnitudo 6 Guncang Jepang, Tak Ada Peringatan Tsunami

Di samping bangunan rusak, BPBD juga mencatat dua orang mengalami luka ringan akibat tertimpa material bangunan. Kedua korban berasal dari Kelurahan Mayau dan Kelurahan Lelewi. “Hingga saat ini belum tercatat adanya warga yang mengungsi,” jelas Agus.

Menurutnya, BPBD Provinsi Maluku Utara telah melakukan koordinasi dengan BPBD Kabupaten/Kota, BMKG dan lembaga terkait lain untuk melakukan pendataan pascagempa bumi.

Jepang Cabut Peringatan Tsunami Imbas Gempa Taiwan

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG mencatat gempa susulan mencapai ratusan kali selepas gempa utama Maluku Utara magnitudo 7,1 yang terjadi Jumat dini hari, 15 November 2019.

Berdasarkan data dari BMKG, jumlah gempa susulan hingga per pukul 11.00 WITA mencapai 94 gempa susulan dan gempa yang dirasakan yakni 7 kali gempa.

BMKG memperbarui data gempa susulan dari gempa utama Maluku Utara. Per pukul 15.00 WIB, gempa susulan mencapai 110 kali dan 7 gempa susulan yang dirasakan.

Agus menyebut gempa susulan masing-masing tercatat adalah magnitudo 5,0 pada Jumat dini hari pukul 00:55:18 WIB, dengan titik lokasi di 1,54 LU,126,46 BT atau 128 km Barat Laut Jailolo di kedalaman 10 kilometer.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya