Nama Cucu Jokowi Dijadikan Nama Buah Anggur Varietas Baru

Presiden Jokowi bersama cucunya Jan Ethes.
Sumber :

VIVA – Nama cucu pertama presiden Joko Widodo, Jan Ethes dijadikan nama anggur. Wah kok bisa ya? Nama yang pelafalannya mirip nama Jan Ethes itu diberikan pada anggur varietas baru Jan Ethe SP1. Hasil inovasi Badan Litbang Pertania, Kementerian Pertanian ini ternyata diberikan langsung oleh Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo. 

Momen Jokowi Main Tembak-tembakan Bareng 'Ketua' Nahyan Anak Bobby Nasution di Mal

"Saya suka nama itu, dalam bahasa Jawa artinya sangat bagus, Jan berarti sangat, Ethes berarti cekatan, pas sekali, ini varietas unggul, ke depannya varietas ini akan terus dikembangkan, harapannya anggur jenis ini akan meningkatkan produksi anggur dalam negeri, dan menjadi produk buah unggulan baru kita," kata Syahrul dalam keterangannya, Minggu, 17 November 2019. 

Arti nama itu dirasa sangat mewakili setelah Syahrul mencicipi Anggur tersebut. Varietas baru memiliki rasa sangat manis, tekstur daging buah krispi dan tidak terlalu berair. 

Kembangkan Pemasaran, Buah Anggur Premium Australia Makin Mudah Dinikmati

Dia mengatakan Anggur itu juga pas dengan cucu Jokowi. Jan Ethes dianggap mengundang senyum dan bahagia.

"Pas sekali, sama seperti Jan Ethes, cucu pertama Presiden Jokowi, melihatnya saja kita dibikin tersenyum dan bahagia, anggur Jan Ethes ini pun begitu, begitu dicicipi rasa manisnya bikin kita tersenyum dan bahagia," kata dia.

Moment Lucu Nahyan Cucu Jokowi 'Kawal' Prabowo Subianto dan Bobby saat Konpres

Selain itu buah tersebut cenderung tidak mudah rontok. Jadi saat disimpan selama tujuh hari setelah panen pada suhu ruang dan ruang pendingin bisa bertahan hingga 14 hari. 

Keunggulan lainnya terletak pada produktivitasnya yaitu 25 kg per tanaman per tahun. Diharapkan bisa memenuhi kebutuhan anggur konsumsi dengan kualitas yang bisa bersaing dengan buah anggur impor. 

Jan Ethes dan Nikita Mirzani

Reaksi Cucu Jokowi Jan Ethes saat Tolak Dicium Nikita Mirzani Tuai Pujian: Didikan Maknya Bagus

Dalam kesempatan tersebut, Nikita Mirzani juga tampak hadir. Di sana Nikita Mirzani bertemu dengan putra sulung dari Gibran Rakabuming , yakni Jan Ethes yang turut hadir.

img_title
VIVA.co.id
25 September 2023