Sungai Batanghari Jambi Tercemar Kotor Banget, Sebabnya Misterius

Air sungai Batanghari, Jambi tercemar sampah parah
Sumber :
  • VIVA.co.id/Syarifuddin Nasution

VIVA –  Warga Jambi sangat mengeluhkan air Sungai Batanghari yang tercemar parah. Berbagai kotoran sampah mengalir di sepanjang sungai. Informasi dihimpun VIVA.co.id, sampah tersebut mengalir begitu saja sehingga warga tidak mau mandi dan mencuci pakaian di sungai.  

Banjir Besar di Jambi Belum Surut, Aktivitas Pertambangan Dituding Jadi Penyebabnya

Salah satu warga Jambi, Aswandi mengatakan, kotoran sampah yang mengalir banyak di sungai itu baru kali ini terjadi dan tidak tahu dari mana asalnya. 

"Kalau Sungai Batanghari mengalir dari hulu yakni Gunung Rasan terletak di Kabupaten pesisir Selatan, Sumatera Barat dan bermuara di Selat Malaka, Kabupaten Tanjung Jabung Timur Jambi," ujarnya.

Banjir Landa Muaro Jambi, Siswa Sudah 2 Minggu Diliburkan

Dia mengatakan, sampah mengalir di sungai sejak dua hari ini, sehingga pemandangan tidak bagus terlihat, baik dari Jembatan Aurduri 1, Jembatan Aurduri 2 maupun dari Jembatan Gentala Arasi, yang mana merupakan Ikon Jambi.

"Banyak sekali sampahnya mengalir dan ini sangat tidak bagus dipandang mata," jelasnya Rabu 27 November 2019.

61 Desa di Muaro Jambi Diterjang Banjir, Ekonomi Warga Terganggu

Aswandi sangat menyayangkan adanya sampah di sungai, seharusnya pemerintah Kabupaten yang dialiri sungai tersebut punya kebijakan atau sekurang-kurang tidak membiarkan sungai terkontaminasi dan dicemari.

Begitu juga warga Jambi lainnya, Armi sangat menyesali Sungai Batanghari tercemar sampah sehingga ia tidak mau mandi dan mencuci pakaian.

"Kotor sekali sungainya. Kalau dimandikan bisa gatal-gatal badan," ungkapnya.

Dari pantauan VIVA.co.id, di Sungai Batanghari sejak Rabu sore tadi hingga malam, sampah terus mengalir.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya