Megawati Kaget Ditanya Letkol TNI, Soekarno Pengkhianat atau Bukan?

Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan, Megawati Soekarnoputri
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

VIVA – Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri memiliki pengalaman tak mengenakan saat menjadi pembicara di Sesko ABRI. Hal itu berupa pertanyaan terkait ayahnya yang merupakan presiden pertama Indonesia.

Megawati Masih Rutin Bertemu Ganjar-Mahfud Usai Pilpres 2024, Bahas Apa?

Pertanyaan tersebut dilontarkan oleh seorang anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) dengan pangkat letnan kolonel (Letkol). Saat itu, letkol tersebut menanyakan hal yang tidak pantas soal proklamator Republik Indonesia (RI) tersebut.

"Letkol nanya, menurut Ibu, Soekarno pengkhianat atau bukan? Luar biasa orang ini saya bilang karena pertanyaan menyimpang dari yang saya berikan," kata dia di Jakarta, Rabu, 4 Desember 2019, seperti dikutip dari VIVAnews.

Pengamat Sebut Hak Angket Berpotensi Layu Sebelum Berkembang, Ini Alasannya

Kala itu presiden kelima RI ini mengaku kaget. Namun Megawati memilih menjawabnya sebagai putri Soekarno, bukan sebagai ketua umum partai berlambang kepala banteng. Dia pun dengan tegas membantah bahwa ayahnya seorang pengkhianat negeri ini.

"Saya jawab sebagai putrinya Bung Karno. Ayah saya tidak mungkin proklamator pengkhianat," tandasnya.

Momen Sri Mulyani Hadiri Open House Jokowi dan Megawati: Semoga Baik Semua Ya

Setelah itu, dia bertanya balik kepada Letkol TNI tersebut. Megawati bertanya, apakah pertanyaan yang diajukan kepada dirinya merupakan hasil pembelajaran atau titipan. Hal itu membuat sang Letkol sadar dan menghampiri putri proklamator untuk minta maaf atas pertanyaannya.

Bangkai mobil Gran Max yang kecelakaan di Km 58 Tol Cikampek

Terpopuler: Kisah Pilu Kakak Adik Korban Tol Cikampek, Pria Terobos Istana

Kisah kakak adik yang menjadi korban kecelakaan di Tol Cikampek masih menjadi perhatian luas dari pembaca di laman News VIVA pada Rabu 10 April 2024. Termasuk berita lain

img_title
VIVA.co.id
11 April 2024